Selamat Berjuang Peserta Olimpiade Sains Nasional Kabupaten Pringsewu Lampung

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tanggamus. Sebanyak 170 siswa jenjang Sekolah Menengah Pertama  (SMP) negeri dan swasta  dari perwakilan sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Pringsewu mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten.‎ Berlangsung di Kampus SMPN 4 Pringsewu, Sabtu (11/3).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pringsewu H.Tri Prawoto dihadiri Kasi Pembinaan SD Subur Setiyo Widodo, Ketua MKKS SMP Pringsewu Rahmanto dan seluruh kepsek SMP negeri dan swasta se-Kabupaten Pringsewu, serta guru pendamping. Termasuk pengamanan yang diterjunkan Polisi Polsek Pringsewu Polres Tanggamus.

H.Tri Prawoto dalam arahannya  menuturkan bahwa kualitas dan mutu pendidikan senantiasa harus ditingkatkan. Namun perlu ada dua aspek yang harus diperbaiki.”Yakni sarana dan prasarana pendidikan serta kapasitas sumberdaya manusianya,”ujarnya.

Sebab menurutnya, ada hubungan yang positif antara kedua aspek itu, jika nantinya kualitas tenaga pendidik meningkat maka akan berpengaruh pada meningkatnya kualitas peserta didiknya.”Hal itu juga tidak terlepas dari semua pihak. Sebab majunya pendidikan di Kabupaten Pringsewu adalah tanggung-jawab kita semua,”tegasnya.

Dia menjelaskan, bahwa kegiatan OSN, merupakan media untuk melihat sejauh mana hasil dan kualitas proses pendidikan dan pengajaran siswa di bangku sekolah. Oleh karenanya dia berharap agar pelaksanaan OSN ini dapat berjalan lancar dan objektif.

H.Tri Prawoto berharap, kepada peserta agar cermat dan teliti dalam mengerjakan soal-soal tersebut dan jangan terburu-buru, manfaatkan waktu yang ada.Juga kepada tim penilai agar  seobjektif mungkin untuk mengevaluasi dan menilainya.

Kadis Disdikbud Pringsewu juga berharap nantinya kepada tiga siswa yang mendapat nilai tertinggi untuk masing-masing mata pelajaran akan terus mewakili untuk OSN ke tingkat Provinsi Lampung.”Jika terus menang maka dapat bertarung hingga berlanjut ke OSN tingkat nasional. Semoga cita-cita tersebut dapat diraihnya hin‎gga dapat membawa nama harus pendidikan di Kabupaten Pringsewu kususnya, dan Provinsi Lampung,”harapnya.

Namun semua itu, perlu diperkuat pendampingan kepada siswa terpilih dengan cara memilih dan menugaskan tim pengajar yang benar-benar berkompeten untuk mendampingi siswa selama mengikuti OSN.”Coba usahakan menugaskan tenaga pendidik yang benar-benar bisa melakukan pengawasan dan pengajaran bagi peserta. Sehingga apa yang kita harapkan meraih prestasi bisa terwujud,”pinta H.Tri Prawoto.

Sementara Ketua panitia pelaksana Subur Setiyo Widodo, menjelaskan, sejumlah 170 peserta siswa-siswa yang mayoritas pelajar kelas VIII, meliputi mengikuti OSN mata pelajaran Matematika 57 siswa, Ilmu Pengetahuan Alam 57 siswa dan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 56 siswa,”Mereka mayoritas pelajar kelas VIII,”jelasnya.

Subur Setiyo Widodo yang juga Kasi Pembinaan Sekolah Dasar (SD) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pringsewu menuturkan, nanti hasil dari kegiatan OSN tingkat Kabupaten P‎ringsewu ini, akan masing-masing mata pelajaran diambil tiga besar.”

Jadi keseluruhan ada sembilan siswa terbaik yang akan berlanjut ke lomba OSN tingkat Provinsi Lampung‎ pada April mendatang,”terangnya.

‎Menurutnya, tujuan kegiatan OSN jenjang SMP tingkat Kabupaten Pringsewu yakni memberi kesempatan kepada para siswa untuk berekreasi, dan berkompetisi pada bidang sain. Juga menjaring siswa SMP yang terbaik 1,2 dan 3.”Disamping untuk mempersiapkan calon peserta pada ajang OSN ditingkat Provinsi Lampung,”ujarnya.

Dia menambahkan, dasar kegiatan yakni, adanya Surat Direktur Pembinaan Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan RI Nomor : 9311/D/TU/2017 tahun 2017 tentang Olimpiade/Lomba/Festifal tingkat pendidikan SMP seluruh Indonesia.

“Serta adanya Surat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Nomor : 420/466/V.01/2017  tanggal 21 Februari ‎2017 tentang pendidikan SMP tingkat Kabupaten di seluruh Provinsi Lampung,”imbuh Subur Setiyo Widodo.

Sementara itu terkait pengamanan Kapolsek Pringsewu Kompol Maimun Karim melalui Kasi Humas Aiptu Alvira mengatakan pengamanan dan monotoring dilakukan polisi guna mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

“Berusaha semampu kami melaksanakan pengamanan, alhamdulillah situasi kondusif” tandas Aiptu Alvira. (*)

(Penulis : Mul/N.Muslih Lpg – Editor : Iqbal96)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password