Sosialisasikan Penerimaan Anggota Polri , Sapa Pengunjung Car Free Day di Solo

IMG-20170312-WA0023

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta. Bersamaan dengan kegiatan Car Free Day di Jalan Slamet Riyadi Surakarta, pada Minggu pagi (12/03/2017) tepatnya di Plasa Sriwedari berlangsung kegiatan Sosialisasi “Aksi 123 Clear & Clean”. Tujuan diselenggarakanya acara ini adalah untuk mensosialisasikan penerimaan anggota Polri TA. 2017. Acara yang dimulai pada pukul 07.00 s.d 09.00 WIB ini diselenggarakan oleh Polresta Surakarta dengan penanggungjawab acara Kabag Sumda Polresta Surakarta Kompol Sis Raniwati, SH, MH.

Acara yang menarik antusiasme pengunjung Car Free Day sekira 200-an orang ini diisi dengan berbagai kegiatan. Diawali kirab sepeda dan jalan kaki oleh anggota Polri dan Taruna/Taruni AKPOL, start Mako Sat Lantas Polresta Surakarta yang juga berada dinjln Slamet riyadi hingga finish dilokasi kegiatan Plasa Sriwedari.
Acara dilanjutkan dengan pembagian brosur/leaflet penerimaan anggota Polri kepada para pengunjung Car Free Day. Kapolsek Laweyan Kompol Saprodin, SH, MH turut serta membagikan brosur/leaflet ini. Pada acara ini pengunjung juga dihibur dengan pertunjukan Barongsai oleh anggota Dalmas Sat Sabhara Polresta Surakarta.
Acara selanjutnya adalah sosialisasi “Aksi 123 Clear & Clean” yang dibawakan oleh Kabag Sumda Kompol Sis Raniwati, SH, MH. Mewakili Kapolresta Surakarta Kombes Pol Drs. Ahmad Lutfi, SH, SST, MK, Kabag Sumda menjelaskan tentang berbagai hal terkait penerimaan anggota Polri diantaranya :
– pendaftaran online melalui Website Polri : http://www.penerimaan.polri.go.id.
– persyaratan untuk menjadi anggota Polri,
– tahapan seleksi calon anggota Polri,
– pelaksanaan seleksi yang dilakukan secara bersih, transparan, akuntabel, humanis, dan tidak diskriminatif,
– semua tahapan seleksi dari awal hingga akhir tidak dipungut biaya,
– kuota penerimaan didasarkan pada animo pendaftar, semakin banyak animo maka kuota akan semakin banyak,
– penetapan kelulusan berdasarkan nilai akumulatif setiap tahapan seleksi lalu dirangking sesuai kebutuhan kuota.
“Ini adalah kesempatan bagi pemuda/pemudi di seluruh Indonesia untuk menjadi anggota Polri, mari manfaatkan sebaik-baiknya”, demikian ajakan dari Kabag Sumda.
Setelah acara penyampaian sosialisasi, dilanjutkan dengan acara fashion show menampilkan Taruna/Taruni AKPOL dan Polwan Polresta Surakarta dengan menggunakan pakaian Dinas Polri di semua fungsi penugasan.

IMG-20170312-WA0025

Taruna dan Taruni Akpol Sosialisasikan Penerimaan Anggota Polri.
Acara juga diisi dengan testimoni dari orang tua yang anaknya mendaftar dan diterima menjadi anggota Polri. Bapak Bambang yang merupakan orang tua dari Bripda Sherli menuturkan, “Anak saya mendaftar atas kemauannya sendiri, pertama kali mendaftar anak saya gagal, mendaftar kedua juga gagal, namun anak saya belum menyerah, disaat usia sudah mepet untuk bisa mendaftar, anak saya untuk kali ketiga mendaftar lagi dan alhamdulillah berhasil lolos seleksi, diterima menjadi anggota Polri.”
“Biaya memang dibutuhkan selama mendaftar menjadi anggota Polri. Biaya itu adalah untuk ongkos transport dan kebutuhan makan sehari-hari atau kebutuhan pribadi, karena proses seleksi tidak hanya dilakukan di Solo, tapi juga di Semarang. Kalau untuk biaya yang katanya untuk membayar ke Polri, sama sekali tidak ada biaya”, imbuhnya.
Dengan sosialisasi ini diharapkan warga masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan utuh tentang proses rekruitment yang diselenggarakan oleh Polri sekaligus menangkal isu-isu tidak benar yang berkembang ditengah masyarakat.
Penulis : Heri Laweyan
Editor   : Kang Iqbal96
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password