Pelanggar Lalin di Cilacap Didominasi Pelajar dan Mahasiswa


Tribratanews.go.id – Satuan Lalulintas Kepolisian Resor Cilacap, Jawa Tengah, mencatat pelaku pelanggaran lalulintas pengguna kendaraan bermotor didominasi oleh usia 16 tahun sampai 20 tahun atau pelajar setingkat SMP dan SMA atau mahasiswa.

Data itu diperoleh jajaran kepolisian selama melaksanakan Operasi Zebra Candi 2016. Dalam operasi tersebut, Polres Cilacap telah mengeluarkan 3000 surat tilang dan 1800 surat teguran.

“Jenis kendaraan yang banyak terlibat pelanggaran adalah sepeda motor disusul dengan kendaraan penumpang, bus dan mobil barang,” kata Kapolres AKBP Yudo Hermanto, melalui Kasat Lantas AKP Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi, Rabu (14/12/2016).

Adapaun data pekerjaan pelaku pelanggar didominasi oleh pelajar atau mahasiswa, karyawan swasta dan pegawai negeri sipil.

Dari hasil pencatatan lokasi pelanggaran paling banyak terjadi di kawasan pemukiman, perbelanjaan, perkantoran dan kawasan industri.

“Selama operasi tercatat 19 kali kejadian lalulintas yang mengakibatkan korban luka ringan 41 orang dengan kerugian materil 12 juta rupiah,” terang Kasat Lantas.

Kendaraan yang terlibat kecelakaan paling banyak adalah sepeda motor dengan korban kecelakaan adalah karyawan dan pelajar.

Masih menurut Kasat Lantas, dari data yang dimiliki pelajar masih paling banyak mendominasi baik sebagai pelaku pelanggaran ataupun korban kecelakaan, hal tersebut bisa disimpulkan bahwa tingkat kesadaran berkendara sesuai dengan aturan masih belum semua dipahami oleh pelajar.

Dengan data tersebut berarti harus ada peran lebih dari lingkungan untuk para pelajar, dimana contoh yang paling dekat adalah orangtua dan guru disekolahnya yang mengajarkan serta memberi contoh anaknya agar berkendara sesuai dengan aturan.

“Kepada semua pengguna jalan terutama bagi para pelajar, kami ingatkan kecelakaan lalulintas biasanya berawal dari pelanggaran atas rambu-rambu lalulintas. Oleh karena itu, pihak Kepolisian khususnya Satuan Lalulintas mengajak seluruh masyarakat untuk mematuhi peraturan lalulintas agar tercipta keamanan dan keselamtan serta kelancaran lalulintas di wilayah Kabupaten Cilacap,” tutup Kasat Lantas.

[Andriyanto – Humas Polres Cilacap]

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password