Kebut Penggunaan E-Tilang, Kasat Lantas Sosialisasi ke Masjid

Tribratanews.polri.go.id – Sidrap Sulsel, Guna meminimalisir praktik pungutan liar (pungli) di jalan raya, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan segera meluncurkan aplikasi e-tilang. Aplikasi ini bisa memproses tilang secara online sehingga pengendara yang melanggar di jalan raya tidak perlu lagi menjalani proses sidang di pengadilan yang rawan akan praktik pungli.

Agar bisa segera diterapkan, Satuan Lalu lintas Polres Sidrap rutin mensosialisasikan cara kerja aplikasi e-tilang ke seluruh elemen masyarakat. Sosialisasi itu dilaksanakan di masjid Babul jannah Kelurahan Ulu ale Kecamatan Watang pulu Kabupaten Sidrap, Jumat (10/3) Siang.

“Kita sampaikan bagaimana mekanisme proses e-tilang. Kita tahu tilang (manual) ada payung hukumnnya di Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009. Makanya untuk e-tilang harus ada payung hukum sebanding atau lebih tinggi,” kata¬†Kasat Lantas Polres Sidrap AKP Muhdar, S. Sos.

Muhdar menerangkan, proses penilangan di aplikasi e-tilang ini tentunya akan meminimalisir praktik suap antara oknum anggota di lapangan dengan masyarakat yang ditilang karena melakukan pelanggaran.

“Cukup bayar, setelah bayar menggunakan mobile banking atau ATM, struknya bisa digunakan mengambil STNK atau SIM yang disita petugas,” ucap dia.

Cara kerjanya sendiri layaknya sidang di tempat. Untuk itu dalam mekanisme aplikasi juga dilibatkan kejaksaan dan pengadilan.

Kendati demikian, jelas Muhdar, di setiap daerah memiliki kisaran denda yang berbeda. Telah disiapkan perencanaan denda yang disesuaikan dengan daerah masing-masing.

Saat disinggung akan ada kemungkinan anggota Polri di lapangan mengajak berdamai pelanggar. Muhdar meminta agar hal itu dilaporkan.”Beritahu nama, pangkatnya pasti akan kita tindak,” tegasnya.

Mantan Panit Lantas Polsek Bontoala Polrestabes Makasar ini menambahkan, dengan berlakunya e-tilang, tidak serta-merta menghapuskan tilang manual.

“Kan kita tahu, tidak semua warga kita memiliki ATM, memiliki gadget, nah tapi kami yakin, ini bisa menekan angka antrean sidang di pengadilan dan menangkal adanya pungli,” tutup Muhdar. (cl)

Penulis : Syahrir
Editor : Kang Iqbal
Publish : Sumarwan

Admin Polri55931 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password