Dua Kepala Pekon di Tanggamus Lampung Dilantik Wakil Bupati

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tanggamus. Kepolisian Resor Tanggamus melakukan pengamanan pelantikan Kepala Pekon Simpang Bayur Kecamatan Bandar Negeri Semuong (BNS) dan Kepala Pekon Betung Kecamatan Pematang Sawa, Jumat (10/3/17) pagi.

Wakil Bupati Tanggamus H. Samsul Hadi. M.Pd.I melantik keduanya di SD Negeri  Pekon Simpang Bayur Kecamatan BNS, sesuai ketentuan pasal 2 ayat 1 Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 5 Tahun 2015 tentang tata cara pemilihan pengangkatan/pelantikan dan pemberhentian kepala pekon yang menyatakan bahwa kekosongan jabatan kepala pekon dikarenakan meninggal dunia sehingga dapat diusulkan pemberhentian kepala pekon oleh ketua BHP kepada Bupati melalui camat berdasarkan musyawarah BHP.

Wakil bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi membacakan surat pelantikan pengangkatan kepala pekon

Dalam hal ini memberhentikan dengan hormat Aliudin sebagai Kepala Pekon Simpang Bayur dan mengangkat saudara M. Formona Saleh sebagi kepala pekon pergantian antar waktu (PAW) Pekon Simpang Bayur Kecamatan BNS.

Kemudian sesuai dengan ketentuan pasal 5 Peraturan Daerah nomor 5 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan/Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Pekon yang menyatakan bahwa kekosongan Jabatan kepala Pekon apabila telah dijatuhi hukuman dan telah mempunyai kekuatan hukum tetap maka diberhentikan dari jabatan sebagai kepala pekon. Dan dengan telah terpilihnya Kepala Pekon Pergantian Antar Waktu  (PAW) Kepala Pekon Betung Kec. Pematang Sawa kab, Tanggamus ,berdasarkan hasil musyawarah BHP maka perlu memberhentikan Kepala Pekon dan mengangkat Kepala Pekon pergantian antar waktu, dalam hal ini yaitu memberhentikan Kepal Pekon Amri, sebagai Kepala Pekon Betung dan mengangkat Sahyan sebagai Kepala Pekon Betung  Kecamatan Pematang sawa.

Dalam masa jabatan Kepala Pekon Pergantian Antar Waktu  (PAW) sebagaimana dimaksud diktum kedua terhitung mulai tanggal pelantikan sampai dengan tanggal 22 April 2019.

Wakil Bupati Tanggamus H. Samsul Hadi. M.Pd.i dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para kepala pekon yang baru dilantik.

Sebagai Saksi Kapolsek Pematang Sawa Ipda Lukman Menandatangani Berita Acara Pelantikan
Sebagai Saksi Kapolsek Pematang Sawa Ipda Lukman Menandatangani Berita Acara Pelantikan

“Selamat kepada saudara berdua dan saya berharap agar saudara menjalankan amanah serta bekerja sepenuh hati dan ikhlas dalam memimpin dan melayani masyarakat pekon simpang bayur dan pekon betung” ujar Hi. Syamsul Hadi.

Masih kata Wakil Bupati perlu diingat bahwa kepal pekon adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintah daerah karena kakon dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih, sehingga mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.

“Kepada kepala pekon yang baru saja dilantik saya minta untuk merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu sebagai seorang pemimpin hendaknya dapat menerima kritik dan saran dari masyarakat serta melaksanakan tugas yang telah diamanahkan dengan segenap kemampuan yang ada” harapnya.

“kepada kepala pekon yang baru dilantik, pertama segera pelajari dan pahami tugas, kewajiban dan wewenang saudara sebagai kepala pekon. kedua setelah pelantikan ini, hendaknya saudara segera membenahi  masalah sumber daya aparatur, sumber pendapatan pekon dan penerapan manjemen yang baik demi terealisasinya  penyelenggaran pemerintah pekon yang baik, mandiri, maju dan tidak ketinggalan dengan pekon-pekon lain. ketiga Aparatur pekon baik kakon, sekdes dan BPD harus bisa memahami kondisi wilayahnya masing-masing,desa harus punya data yang jelas dan valid, mulai dari data berapa warga miskin didesanya, data potensi wilayah serta data-data lainnnya” pesannya.

Dalam acara tersebut turut dihadiri Asisten I Paksi Marga, Ast.II Firman Rani, Kadis Kominfo Sabaruddin, Kepala PMD Idham Khalid, Kasat Pol PP Yumin BA., Kadis PP dan KB Edison., Camat BNS Suwandi, Kapolsek Wonosobo Iptu Junaidi, Kapolsek Pematang Sawa, Ipda Lukman dan warga masyarakat di pekon simpang bayur.

“Selamat bertugas kepada kepala pekon yang baru dilantik, mari bersama-sama menjaga situasi yang kondusif di kabupaten Tanggamus” ucap Kapolres Tanggamus AKBP Ahmad Mamora. (*)

(Penulis : N.Muslih Lpg – Editor : Iqbal96)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password