Aksi Demo Damai Mama-mama Diterima Asisten Satu Kabupaten Mimika

tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Polres Mimika. Bertempat di perkantoran Pemerintahan SP3 Distrik Kuala Kencana berlangsung aksi demo damai oleh para pedagang pasar SP.2 kampung Timika jaya yang dipimpin Ibu Senelice Numberi, Jumat (10/03/2017)

Aksi demo damai yang melibatkan sekitar 100 orang ini menggunakan kendaraan roda 2 menuju ke kantor Pemda mimika.

Dalam aksinya Ibu Senelice Numberi meminta kejelasan status tanah pasar SP.2 Kampung Timika jaya kepada Pemda kabupaten Mimika.

Lebih lanjut kordinator aksi mengatakan Agustinus Anggaibak telah mengklaim tanah pasar sp2 adalah miliknya dengan menunjukkan sertifikat tanah pasar SP. 2.

Semenjak 2009 sampai sekarang kami telah membayar restribusi perlapak kepada Agustinus anggaibak dengan rincian : perhari Rp. 5000 – Rp. 10.000 sehingga perbulan Rp. 300.000 – Rp. 500.000, dan mulai bulan Februari 2017 bpk. Agustinus anggaibak mau menaikkan tarif restribusi menjadi Rp. 1.000.000 perbulan.

“Pasar sp.2 statusnya adalah pasar swadaya, kami para pedagang yang membangun sendiri pasar  namun mengapa Agustinus anggaibak mengklaim juga bahwa dia yang membangun sendiri, untuk itu kami datang kesini untuk menanyakan kejelasan status tanah pasar sp. 2 tersebut apakah milik Pemda Kab. Mimika atau milik Bpk. Agustinus Anggaibak. Kami sudah melaporkan kejadian ini kepada kepala kampung, kepala distrik tapi tidak ada tanggapan dan mereka mengarahkan masalah ini ke kantor Pemda kab. Mimika”, ungkap ibu selenice.

Menanggapi aksi ini asisten 1 Cristian Karubaba mengatakan aspirasi bapak/ibu kami terima dan kami meminta dokumen dan surat – surat untuk menjadi bukti – bukti pengambilan restribusi yang dilakukan Agustinus anggaibak, mengenai status tanah pasar sp. 2 akan kami tanyakan kepada BPN Timika.

Dengan penjelasan yang sampaikan Asisten 1 Pemda kabupaten Mimika, para pendemo bergerak menuju kantor kelurahan sp. 2 kampung Timika jaya dan kantor Badan Pertanahan Negara.

Selama menjalankan aksinya, demo damai dapat berjalan baik, aman dan nyaman, situasi seperti inilah yang selalu menjadi idaman setiap manusia.

Penulis : Sosra Papua
Editor   : Iqbal96
Publish : Reinaldy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password