Dialog Pembangunan RTH Pantai Muara Indah Tanggamus Lampung, Kapolres Himbau Warga Jaga Kamtibmas

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tanggamus. Kepala Kepolisian Resor Tanggamus, AKBP Ahmad Mamora, S.Ik hadiri rapat dialog antara forum nelayan dan pemerintah Kabupaten Tanggamus terkait ekses pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pantai Muara Indah Kota Agung yang merupakan tempat bersandar perahu jukung milik nelayan tradisonal.

Dialog digelar di Yayasan Gotong Royong Kelurahan Pasar Madang Kota Agung, Jumat (10/3/17) dibuka Camat Kota Agung, Razi Azanisah, BA  mengatakan masyarakat kota agung mendukung tindak lanjut pembangunan ruang terbuka hijau muara indah tetapi diskusi antara nelayan dan pemerintah kabupaten merupakan guna mencari titik temu perahu nelayan jukung bersandar.

Pemaparan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanggamus Edi Narimo,  penyelesaian RTH muara indah dapat menyentuh masyarakat dan Wakil Bupati Hi. Samsul Hadi  telah melakukan pengecekan lokasi RTH. Pembangunan yang dilakukan melalui penalutan pantai dan normalisisai sungai dan pemerintah kabupaten Tanggamus melalui dinas yang dipimpinnya telah mengundang perwakilan pada 14 Februari 2017.

“Terkait pembangunan RTH, talut akan dikerjakan  kementrian pekerjaan umum, jalan dan paping akan dikerjakan dinas PU Tanggamus, lampu penerangan oleh Dinas Perhubugan dan Wifi oleh Dinas Kominfo Tanggamus. Selain itu kementrian kelautan dan perikanan juga  membangun gedung sentra kuliner yang nantinya akan diperuntukan bagi warga nelayan yang telah diverifikasi guna berjualan di lokasi RTH”. terangnya.

Lantas mewakili Ketua DPRD, Ir. Hajin M. Umar mengatakan dari Dinas Kelautan dan Perikanan  membahas penyampaian dan usulan masyarakat nelayan. Melalui DPRD memfasilitasi nelayan dan pemerintah daerah guna sambung rasa dengan nelayan.

Masih kata Ir. Hajin M. Umar, negara berkewajiban kesejahteraan dan pembangunan dan sama-sama untuk intropeksi dan mengkaji kepentingan negara dan masyarakat. DPRD mememiliki kepentingan apakah proses pembangunan RTH dapat selesai demi kepentingan orang banyak.

Dalam diskusi sama-sama intropeksi, jangan sampai ada yang dilanggar baik hak nelayan atau pemerintah yang melanggar hukum. DPRD memohon dalam kesempatan tersebut masyarakat dapat mensukseskan pembangunan RTH pantai Muara Indah Kota Agung.

“Pada tahun 2012 pemerintah sudah memprogramkan untuk menyiapkan lahan dan pembebasan lahan RTH dalam hal ini pantai  Muara Indah dan jangan ada kecurigaan dalam dialog antara kita, keluhan nelayan akan kita tanggapi” imbuhnya.

Sementara itu Kapolres Tanggamus AKBP Ahmad Mamora, S.Ik mengucapkan terima kasih kepada peserta dialog yang telah bersedia bekerjasama dalam menjaga situasi Kota Agung khususnya dan Kabupaten Tanggamus yang kondusif.

“Secara aklamasi masyarakat nelayan mendukung pembangunan dan perahu nelayan nantinya akan bersandar di TPI, harapan kami dukungan masyarakat membantu polisi dapat menjaga situasi aman kondusif, sebagai contoh dengan mengantisipasi pencurian tidak meninggalkan mesin di perahunya” tandas AKBP Ahmad Mamora.

Hadir dalam dialog Pemkab Tanggamus dan Nelayan. Perwakilan Dinas PU Provinsi Lampung, Jarwoto, Angota DPRD Tanggamus Irwandi Suralaga, S.Ag, Ismilawati,SH., Kabag Hukum Tanggamus Nurarifin, SH., Kabid Jasa Kontruksi Dinas PU  Firmanto, Kabid Program Dinas PU  Bowo Nugroho, Bapeda Yadi Mulyadi, Kabid Industri Pariwisata Hendra Veri, Kapolsek Kota Agung AKP Syafri Lubis, Sekertaris HNS Mastang, Lurah Baros, Lurah Pasar Madang dan Lurah Kuripan Kecamatan Kota Agung, Ketua TPI Kota Agung Joni Madasik, LBH Legal Tanggamus dan Puluhan Nelayan Jukung Kota Agung. (*)

(Penulis : N.Muslih Lpg – Editor : Iqbal96)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password