Kapolda Papua: Masyarakat Sudah Sangat Sadar Pentingnya Memberikan Hak Suara

Tribratanews.polri.go.id – Polda Papua, polres yapen. Bertempat di Pasar mama-mama kelurahan Ansus Kapolda Papua Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw yang didampingi Kapolres Kep Yapen, Dandim 1709 Yawa dan Ketua Kajari kep Yapen sera Ketua Pengadilan Negeri Kep Yapen melaksanakan peninjauan kegiatan pengamanan dan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 2 dan TPS 4 Kelurahan Ansus Yapen Barat. Kab. Kepulauan Yapen, Jumat (10/03/207).

Dalam kegiatan tersebut Kapolda Papua melaksanakan koordinasi dengan Komisioner KPU Provinsi Papua yg turut memantau pelaksanaan PSU, selain itu Kapolda Papua juga memberikan himbauan Kamtibmas kepada masyarakat yang ada di pasar mama-mama di distrik Yapen Barat.

Kapolda mengatakan saat ini masyarakat sudah sangat sadar betapa pentingnya memberikan hak sebagai warga negara, sehingga penyelenggara menyikapi ini dengan baik menyiapkan semuanya untuk pemilihan. Pada PSU ini pihak Kepolisin dari Polres Yapen telah menempatkan 1/2 kekuatannya untuk berada di dua distrik yang langsung dipimpin oleh Kapolres Yapen AKBP Darma Suwandito dn didukung dari TNI untuk membentuk sebuah tim yg solit dalam melakukan pengamanan.

Adapun kendala yg dialami di Yapen Barat Distrik Asus ttg penyaluran surat undangan kpd masyarakat terlambat karena lantaran air laut yg surut mengakibatkan akses masyarakat menjadi terlambat dlm pembagian undangan kpd masyarakat untuk mengikuti PSU. Hal ini mengakibatkan tidak semua masyarakat mendapatkan undangan untuk menyalurkan hak pilihnya, dan mengakibatkan masyarakat banyak melakukan protes kpd penyelenggara tingkat distrik lantaran tdk bsa untuk memilih.

Keputusan Ketua Panwas kep Yapen Imran Sangaji untuk pemungutan suara tetap di laksanakan, walau masih ada masyarakat yang belum mendapat surat undangan dikarenakan faktor alam sehingga adanya keterlambatan pembagian surat undangan ke masyarakat.

Dikesempatan ini juga Kapolda Papua menyerahkan sembako kepada pelaksanaan tugas anggota Polsek dan Koramil Yapen yang diwakilkan olehb Kapolres Yapen dan Dandim 1709 Yawa.

Penulis : Sosra Papua
Editor : Iqbal96
Publish: Reinaldy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password