Dongeng Sarapan Pagi untuk Si Pemulung

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Seorang Polisi, apapun fungsi dan satuannya, mau Reserse, Sabhara, Binmas, Provos bahkan anggota Intelijen sekalipun tetap saja seorang Polisi. Dipundaknya terpikul tanggung jawab dan integritas selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Tak bisa dipungkiri bahwa sebagian masyarakat masih memandang miring sosok seorang Polisi, namun dibawah kepemimpinan Jenderal Tito Karnavian dengan Promoternya berupaya merubah mindset dan culture set Polri menuju profesionalisme yang humanis.

Bicara tentang humanis tak akan jauh dengan kepedulian. Kepedulian inilah yang coba dirintis oleh Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman S.I.K, M.Si melalui program unggulannya Polisi Peduli Sesama.

“Polisi harus peka lingkungan, respon cepat dan selalu hadir di tengah masyarakat”, ujar AKBP Donny saat mengambil apel pagi Senin lalu.

Menurut orang nomor satu di Polres Trenggalek ini, penerapan kepedulian dapat dimulai dari hal kecil. Salah satunya membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan tanpa diminta. Ketika Polisi melihat atau mengetahui seseorang dalam kesulitan harus segera bertindak untuk memberikan pertolongan.

Sebagai contoh seperti yang dilakukan oleh Brigadir Jamari, anggota Provos Polres Trenggalek. Saat bertugas mengamankan Mako pada acara olahraga bersama, ia melihat seorang laki-laki di pinggir jalan. Penampilannya lusuh dan nampak lelah, sementara di sebelahnya tampak sebuah becak yang dipenuhi karung berisi plastik bekas. Usut punya usut, ternyata laki-laki itu memang bekerja sebagai pemulung dan ia sedang menunggu acara olahraga bersama selesai untuk kemudian memungut dan mengumpulkan sampah plastik yang bisa ia jual kembali.

Sebagai wujud kepeduliannya, Brigadir Jamari menyerahkan satu nasi bungkus kepada laki-laki tersebut.

Monggo mas, saget damel sarapan (silahkan mas, bisa untuk sarapan)”, ujar Brigadir Jamari.

Alhamdulillah, matur nuwun pak, pas kulo nggih dereng sarapan (alhamdulillah, terima kasih pak, kebetulan saya belum makan)”, balasnya.

Meskipun terbilang sederhana, namun apa yang dilakukan oleh salah satu anggota penegak disiplin di Polres Trenggalek itu merupakan wujud nyata implementasi dari kepekaan dan rasa kepedulian seorang anggota Polri kepada masyarakat.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password