Pelaksanaan Seleksi Penerimaan Perwira Polisi Sumber Sarjana Polda Sumut Berlangsung Bersih Transparan

Penerimaan-Polri

tribratanews.polri.go.id – Sumut, Polda Sumut dalam hal ini Panitia Penerimaan Seleksi Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) T.A 2017 telah usai menyelenggarakan penerimaan tersebut dengan bersih dan transparan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Dra Rina Sari Ginting usai pelaksaan Sidang Terbuka Penetapan Kelulusan Tingkat Panitia Daerah.

Sebelumnya Polri khususnya Panitia Penerimaan Daerah Polda Sumut membuka pendaftaran bagi putra putri terbaik Sumut untuk mengikuti seleksi penerimaan SIPSS T.A 2017 yang dibuka pendaftarannya pada akhir Januari lalu.

Proses penerimaan dengan dasar surat keputusan Kapolri No. : Kep/40/I/2017 tanggal 16 januari tersebut berlangsung selama sekitar 2 bulan lebih dengan tahapan awal adalah pemeriksaan administrasi. Apabila pemeriksaan administrasi dinyatakan lengkap akan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan.

Kombes Rina Sari Ginting mengatakan pemeriksaan kesehatan berlangsung dengan 2 tahap, yang mana tahap pertama meliputi pemeriksaan fisik luar seperti pengukuran tinggi badan, pemeriksaan tensi/ nadi, pemeriksaan gigi, mulut, THT serta fisik secara menyeluruh.

“Sedangkan pemeriksaan tahap II terdiri dari pemeriksaan urine dan darah melalui laboratorium, rontgen kemudian EKG untuk mengetahui kondisi kesehatan organ dalam calon siswa tersebut sehingga mendapatkan calon perwira dengan kondisi fisik terbaik.”katanya.

Kemudian, lanjut Kombes Rina, akan diadakan pemeriksaan psikologi bagi peserta seleksi yang lulus tahap kesehatan. Dalam pemeriksaan psikologi tersebut, panitia penguji akan mengetahui kondisi kepribadian, kecerdasan dan sikap kerja calon peserta didik Sekolah Perwira tersebut.

Apabila dinyatakan lulus, para peserta seleksi akan mengikuti penelusuran mental kepribadian untuk mengetahui sudut pandang peserta seleksi terhadap aspek moral meliputi agama dan sosial budaya. Juga untuk mengetahui aspek mental serta aspek kepribadian bangsa dalam diri calon siswa Perwira SIPSS tersebut.

Kabid Humas mengungkapkan komposisi para peserta SIPSS yang berhasil lolos tahap akhir sesuai dengan jurusan yang dikuasai antara lain S1 Desain Grafis 1 orang, S1 Ilmu Hukum 5 orang, S1 Psikologi 1 orang, S1 Hukum 5 orang, S1 Sistem Informasi 1 orang, S1 Teknik Informatika 1 orang, dan S1 Teknik Kimia 1 orang dengan total jumlah 10 orang.

“Dari 10 orang tersebut kesemuanya dinyatakan lulus, namun yang lulus terpilih hanya 6 orang berdasarkan hasil sidang Sumut.

“Dari peserta 150 orang tersebut pada seleksi awal berkurang terbuka yang dipimpin oleh Wakapolda Sumut tadi siang.” kata Kombes Rina ketika dihubungi pada hari Jumat sore (10/03/2017).

Kombes Rina mengatakan animo calon peserta seleksi saat melakukan daftar online cukup tinggi dengan jumlah 935 orang. Namun yang bisa terverifikasi hanya 150 orang karena melakukan pendaftaran ulang di Polda

menjadi 10 orang saat seleksi terakhir. Kita menjamin selama proses seleksi penerimaan berlangsung dengan bersih dan transparan karena proses ujian dan pengumuman dengan menggunakan komputer.” kata Kombes Rina.

Penulis : Rico

Editor : Kang Ikbal

Penerbit : Rico

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password