Kejurnas Inkanas Resmi Dibuka, 19 Atlet Polda Sumsel Siap Bawa Pulang Tropy

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumsel, Kejuaraan Nasional Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) Piala Kapolri ke VII digelar di GOR Wujil, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kapolri Jenderal Tito Karnavian membuka ajang yang diikuti 1.225 atlet terdiri dari 800atlit putra dan 425 atlit putri dari berbagai wilayah Indonesia itu.

Kami lihat acara Kejurnas ini sangat penting karena momentum ini, momentum uji coba. Apakah prestasi sudah meningkat atau kah masih landai,” kata Kapolri dalam sambutannya, Kamis (9/3).

Acara yang digelar sampai hari Sabtu 11 Maret mendatang itu dibagi dalam 10 kategori dengan peserta 800 atlet putra dan 425 atlet putri. Tropy yang diperebutkan berjumlah 8 piala.

Kapolri mengatakan Inkanas selama ini sudah menciptakan prestasi tidak hanya tingkat Nasional bahkan Internasional. Oleh sebab itu diharapkan akan muncul kader-kader dan atlet berbakat lain yang akan mengharumkan nama bangsa.

“Di kejuaraan Japan Internasional Karate Shoto Desember 2016 lalu di Hanoi Vietnam, Karateka Inkanas dapat juara umum kedua setelah Jepang,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Inkanas Jenderal (Purn) Badrodin Haiti mengatakan kejuaraan tingkat nasional tersebut untuk melatih para atlet dan mengembangkan kemampuan agar mampu bersaing di kejuaraan tingkat internasional.

Berlatih dan terus berlatih untuk bisa meningkatkan kualitas dalam meningkatkan kemampuan ke depan,” tegas Badrodin.

Sementara itu selaku ketua pelaksana kegiatan, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono menambahkan pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak yang membantu terselenggaranya acara tersebut.

Dalam pembukaan Kejuaraan Inkanas Piala Kapolri ke-VII itu ditampilkan pula demo karate oleh para Bintara. Kapolri kemudian memukul gong sebagai tanda pembuka acara serta mengenakan seragam karate bersabuk hitam.

Kapolri mengatakan bahwa polisi harus bisa bela diri,  inkanas secara susunan pengurus masing – masing daerah dipimpin oleh ketua umum pengda inkanas selaku ketua ex officio diikuti seluruh jajaran Polres diketuai oleh kapolres sebagai ketua masing – masing cabang inkanas di daerah trsbut.

Pada kejuaraan ini Polda Sumsel ikut berpartisipasi dengan mengirimkan 19 atlit terbaiknya 4 diantaranya merupakan Personel Polda Sumsel yaitu Bripka Hadi P, Bripka Friska Brigadir Benny M,Bripda Putri Arbela.

Baca Juga : 19 Atlet Sumsel Siap Berlaga di Kejurnas Karate Kapolri Cup

Sebelum di berangkatkan ke semarang 19 atlit mendapat pembekalan dari Wakapolda Sumsel Brigjen Pol. Asep Suhendar pada hari Jum’at (3/3) yang lalu di Ruang Posko Gajah Polda Sumsel. Wakapolda mengharapkan mereka mampu memberikan penampilan yang terbaik sehingga dapat mengharumkan nama baik Provinsi Sumatera Selatan dan Polda Sumsel khususnya.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs .Cahyo Budisiswanto selaku Ketua Harian memberikan dorongan motivasi kepada para atlet yang bertanding dengan harapan bisa membewa pulang Tropy yang diperebutkan.

 

Penulis : Yulius

Editor   : Iqbal96

Publish : Yulius

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password