Pelatihan Revolusi Mental Bagi Personil Polda Papua

Polda Papua – Kepolisian Daerah Papua melaksanakan pelatihan Revolusi mental Tahun Anggaran 2016 bagi personilnya bertempat di Aula Rastra Samara Polda Papua. Kamis (22/12). Kegiatan tersebut di buka  oleh Karo SDM Polda Papua Kombes Pol Drs. Natarudin, M. H yang di dampingi oleh Dir Intelkam dan Dir Binmas mewakili Kapolda Papua.

Turut hadir pejabat Utama Polda Papua, Para Pamen dan peserta pelatihan revolusi mental.

Kapolda Papua dalam sambutannya yang dibacakan Karo SDM menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada Karo SDM beserta staf karena di tengah kesibukan tugas tetap menunjukkan perhatian kepada para anggota kita tanpa memandang status, termasuk perhatian kepada para anggota yang bermasalah dengan hukum dan melakukan pembinaan melalui kegiatan pelatihan revolusi mental.

pelatihan-revolusi-mental-bagi-personil-polda-papua

Menindak lanjuti kebijakan pemerintah maka kesungguhan pimpinan Polri menggulirkan ” Polisi sebagai penggerak revolusi mental dan sebagai pelopor tertib diruang public” karena ada kerinduan dari publik tentang adanya sebuah perubahan signifikan pada tampilan dan kehadiran polri yang meliputi event bergenre penumbuh keadilan dan perlindungan peradaban bangsa sebagai bukti keberadaan Negara di tengah-tangah masyarakat.

Nilai-Nilai yang ada dalam revolusi mental antara lain, perubahan mindset dan culture set, pendidikan budaya, dan anti korupsi kode etik profesi polri nilai-nilai karakter kebhayangkaraan dan nilai karakter bangsa (kewarganegaraan, dapat di percaya, mandiri, kreatif, gotong royong, saling menghargai). Nilai-nilai itulah yang dikemas dalam revolusi mental untuk membangun SDM Polri dengan harapan adanya perubahan mendasar membangun karakter bangsa, dalam inilah kita butuh perubahan yang revolusioner terhadap pola fikir dan budaya kerja kita agar kita dapat dengan segera mewujudkan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Diketahui bersama bahwa tantangan polri kedepan akan semakin berat karena di pengaruhi perkembangan lingkungan yang strategis baik global, nasional dan lokal, sehingga harus di imbangi dengan peningkatan kapasitas personil Polri yang handal, salah satunya dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan. Upaya meningkatkan kualitas SDM Polri tersebut tentunya bukan hanya mencangkup aspek intelektual saja, namun harus menyentuh aspek mental kepribadian yang justru berperan penting dalam pelaksanaan tugas Polri. Agar tidak mudah tergerus dan  terkontaminasi dengan berbagai faktor negatif yang dapat merusak mental anggota polri.

Upaya-upaya pemeliharaan sikap mental prilaku anggota polri dapat dilakukan melalui berbagai pembinaan, pengawasan melekat, reward and punishment maupun melalui pendidikan dan pelatihan, dmn hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah tentang revolusi karakter bangsa.

Akhir-akhir ini Presiden dan Kapolri telah meluncurkan Program brantas pungli dan telah dilakukan OTT diberbagai institusi termasuk diantaranya pada institusi Polri. Tentu akan menjadi tantangan berat bagi kita mengingat Polri merupakan leading sektor penegakan hukum dan ketertiban masyarakat, termasuk diantaranya leading sektor dalam pemberantasan pungli.

Program ini memaksa kita harus berubah karena jika kita masih terus berjalan dengan hal-hal lama seperti pungli, maka kita akan tertinggal dan terlindas oleh perubahan itu sendiri. Untuk tujuan perubahan tersebutlah maka polda papua yang di motori Kapolda dan Karo SDM ingin menguatkan gerakan revolusi mental dilingkungan Polda Papua dengan membentuk team revolusi mental Polda Papua sebagai agen-agen perubahan yang nantinya diharapkan akan dapat menjadi pelopor dan secara signifikan memberi pengaruh bagi perubahan kinerja personil dengan metode snow ball atau bola salju, sehingga secara signifikan juga akan memulihkan kembali kepercayaam masyarakat kepada institusi yang kita cintai ini.

pelatihan-revolusi-mental-bagi-personil-polda-papua

Melalui pelatihan ini di harapkan agar setiap personil polri khusnya Polda Papua dapat menginternalisasikan nilai-nilai karakter kebhayangkaraan dalam setiap pola pikir dan pola tindak sebagai anggota polri dan sebagai warga masyarakat, upaya itu harus di mulai dari diri masing-masing personil selaku penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik.

Dan diharapkan kembali personil polda papua memiliki integritas tinggi dan mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas penghayatan dan pengamalan nilai-nilai mental kepribadian yang mencerminkan karakter kebhayangkaraan sebagai jati diri polri guna mewujudkan kepercayaan masyarakat.

Di akhir sambutannya kapolda berpesan kepada peserta dan trainer supaya pelatihan ini dilaksanakan dengan serius untuk mencapai hasil yang di inginkan. Niatkan bahwa kita semua mampu merubah diri dan institusi kita menjadi institusi yang dibanggakan dan diandalkan oleh masyarakat, bangsa dan negara.

Untuk diketahui pelatihan revolusi mental ini akan dilaksanakan selama 5 hari kedepan.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password