Polres Sleman Bekuk Komplotan Pencuri Motor di Sawah

tribratanews.polri.go.id  – JOGJA – Kasus pencurian kendaraan bermotor di Sleman akhir-akhir ini marak terjadi. Dahulu para pelaku yang melancarkan aksinya di daerah perkotaan kini sudah mulai merambah ke wilayah pedesaan. Seperti yang dialami oleh Paryanta (37) warga Kowang Cangkringan, saat ditinggal mencari rumput di sawah, motor yang diparkir di tepi sawah raib digondol maling, Minggu (05/03/2017).

“Berbekal kunci T, tak sampai 10 menit pelaku berhasil membawa kabur kendaraan”, ujar Kapolres Sleman AKBP Burkan Rudy Satria, S.IK kepada tribratanews Kamis (09/03/2017).

Mendapati laporan, tim opsnal Polsek Cangkringan bersama Polres Sleman kemudian pengejaran sampai ke wilayah Magelang. Pada saat bersamaan ternyata pelaku pemetik motor ini juga terlibat kasus yang sama di wilayah Purworejo. Kemudian Polres Purworejo bergabung untuk bekerjasama memburu pelaku.

Dari pengembangan bersama, didapatlah nama pelaku yaitu Udin alias Gepeng. Dari hasil penelusuran dirinya merupakan pelaku yang sama di TKP Argomulyo Cangkringan. Berkat kerja keras petugas pelaku akhirnya berhasil ditangkap di Jl. Kaliurang Sleman.

Saat diperiksa petugas, Udin mengaku dirinya tidak bekerja sendirian. Saat beraksi di Cangkringan ditemani Bladu. Selain itu, Udin pernah melakukan pencurian bermotor di Klaten dan Magelang.

Bladu yang mengetahui rekannya tertangkap kemudian melarikan diri ke Magelang. Tak berselang lama Bladu akhirnya berhasil ditangkap petugas.

“Si Bladu ini adalah jokinya, yang saat ini ditahan di Polres Sleman. Sedangkan tersangka pemetiknya Udin karena sebelumnya melakukan pencurian di TKP awal Purworejo makanya ditahan di Purworejo, kita dahulukan penyidikan dari sana,” ucapnya.

Dari hasil penyelidikan sementara, tersangka Bladu mengaku bahwa dirinya baru sekali melakukan pencurian. Beruntung dua sepeda motor yang dicurinya berhasil diamankan sebelum dijual kepada penadah.

Dari beberapa laporan polisi yang diterima SPKT Polres Sleman, untuk kasus curanmor ini memiliki kemiripan dengan peristiwa sebelumnya. Kendaraan ditinggal di sawah dan pemilik tidak memperhatikan. Hal seperti ini yang menjadi pemicu sasaran para pelaku kejahatan. Apalagi ditambah dengan ditinggalkannya kunci yang masih menempel di kendaraan.

“Walau dirasa aman, apapun situasinya kendaraan harus disimpan di tempat yang aman dan mudah diawasi. Jangan lupa kunci dilepas dari kendaraan,” pungkas Kapolres.

Seusai press release, Kapolres Sleman dengan membawa STNK kendaraan kemudian meminjampakaikan sepeda motor tersebut kepada Bpk Paryanta.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian yang dengan cepat menangkap penjahat ini. Saya berharap pelaku dihukum seberat-beratnya,” ucapnya dengan nada terbata-bata.

Dirinya juga berpesan kepada warga Cangkringan agar jangan terlena saat mencari rumput disawah. Memang kebiasaan orang kalau kesawah pasti meninggalkan kendaraannya dipinggir sawah. Itu alasannya didaerah Cangkringan tak jarang ada motor hilang.

“Di cangkringan banyak kejadian tapi belum terungkap. Mudah-mudahan pelaku pencurian di wilayah Sleman segera tertangkap,” ucapnya.

999 999 081

Pak Paryanta merasa lega, sepeda motornya dapat ditemukan.

penulis: tRi-krz

editor: iqbal96

publish: jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password