Tak Sekedar Obrolan Ringan, tapi Bagaimana Menciptakan Keharmonisan dalam Kehidupan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Dalam menjaga Kamtibmas kondusif, Polri tak bisa bekerja sendiri. Dibutuhkan kerjasama yang erat antara pihak Kepolisian selaku garda depan penjaga Kamdagri dengan semua lini masyarakat khususnya tokoh sentral dan berpengaruh.

Kapolsek Kampak Polres Trenggalek, Iptu Anwar, SH menilai, komunikasi harus dibangun terus menerus dan berkesinambungan sehingga ada keselarasan antara satu dengan yang lain. Oleh karenanya Iptu Anwar menekankan kepada anggotanya agar menjalin komunikasi dengan semua lapisan masyarakat, terlebih kepada tokoh berpengaruh.

“Tokoh masyarakat, siapapun itu pasti memiliki pengaruh yang cukup kuat di tengah masyarakat. Pemeliharaan Kamtibmas juga jauh lebih mudah jika melibatkan tokoh masyarakat”, ungkapnya.

Sebagai pimpinan di Polsek Kampak Polres Trenggalek, Iptu Anwar memberikan contoh dan teladan bagaimana membangun komunikasi yang baik. Seperti yang ia lakukan saat berpatroli dan memantau keamanan Desa Karangrejo. Iptu Anwar menyempatkan diri bertemu dengan KH. Amin Tohari  di teras sebuah masjid. Tak perlu formalitas kedinasan, cukup dengan duduk bersila sembari ngobrol dan berbincang tentang Kamtibmas di desa tersebut.

“Selain bersilaturahmi, juga membicarakan berbagai hal. Kondisi bangsa, keamanan lingkungan hingga cerita sehari-hari. Obrolan ringan tapi sangat bermakna”, jelas Perwira yang pernah menjabat sebagai Kasiwas Polres Trenggalek itu.

Lebih lanjut Iptu Anwar menuturkan, dari interaksi dengan tokoh masyarakat itulah diperoleh banyak informasi yang berkaitan dengan Kamtibmas serta harapan-harapan masyarakat sekaligus solusi penyelesaiannya yang selaras dengan sudut pandang hukum dan sosial.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password