Komunikasi Timbal Balik dan Saling Mendukung guna Peningkatan Kualitas Kinerja

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Pengarahan kepada anggota tak harus dilakukan secara formal, apalagi kaku layaknya pembelajaran di lingkungan lembaga pendidikan. Pengarahan juga bisa dilakukan dengan metode non formal berupa diskusi atau ngobrol santai tapi serius. Hal itulah yang coba AKP Sukeni, SH, Kapolsek Bendungan Polres Trenggalek ini terapkan saat melaksanakan jam pimpinan.

AKP Sukeni menilai, dengan metode diskusi atau sharing, apa yang ia sampaikan kepada anggota lebih mudah diterima. Selain itu, ia juga bisa menampung segala aspirasi dan uneg-uneg guna meningkatkan kinerja anggotanya. Menurutnya, komunikasi timbal balik dan saling mendukung antara pimpinan dan bawahan sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas kerja.

“Dengan suasana santai, anggota menjadi lebih terbuka dan berani menyampaikan pendapat. Selama untuk kebaikan bersama kenapa tidak”, ungkap AKP Sukeni.

Dengan duduk bersila usai menjalankan ibadah salat Dhuha dan yasinan yang merupakan program Kamis Berd’oa (Berserah diri dalam Doa), ditemani kopi panas van dilem dan beberapa piring gorengan, AKP Sukeni membuka acara dengan mengevaluasi pelaksanaan tugas.

“Evaluasi itu penting untuk perbaikan selanjutnya. Kekurangan dan kelemahan seminggu yang lalu harus ditutup dengan langkah perbaikan. Tujuannya satu, demi dan untuk masyarakat Kecamatan Bendungan”, ujar Perwira yang pernah menjabat sebagai Kapolsek Durenan Polres Trenggalek itu.

Dalam kesempatan tersebut, AKP Sukeni secara terbuka juga menerima saran atau usulan dari anggotanya agar keberadaan Polri semakin dirasakan masyarakat khususnya terkait pelaksanaan program Polisi Peduli Sesama.

“Anggota bebas menyampaikan pendapat, usul, saran. Seperti tadi ada yang mengusulkan bantuan kambing yang diberikan kepada anak yatim harus ada monitoring berkelanjutan, sehingga totalitas membantu sesama bisa lebih optimal. Ya kita terima karena usulannya bagus dan memang harus begitu”, ungkapnya.

Meskipun sistem heirarki masih dipegang kuat dalam tubuh Polri, bukan berarti organisasi ini menjadi anti kritik. Justru dengan kritikan dan sifat terbukalah Polri bisa menjadi besar dan memiliki arti penting dalam kehidupan bernegara.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password