Bhabinkamtibmas Patroli Dialogis Dan Check Siskamling Desa Binaannya

Tribratanews.polri.go.id – Wonogiri Jawa Tengah, Lingkungan Pemukiman adalah kawasan dimana sekelompok atau golongan warga masyarakat menetapkan dan atau betempat tinggal. Tujuan Penyelengaraan pengamanan lingkungan pemukiman adalah tercapainya kondisi lingkungan pemukiman yang sehat dan kemantapan ketahanan lingkungan pemukiman dibidang Kamtibmas.
Oleh sebab itu, dengan maraknya aksi kejahatan dan teror bom di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, diharapkan peran serta masyarakat dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban agar tetap kondusif yang dimulai dari keamanan lingkungan pemukiman masing-masing.
Bhabinkamtibmas Desa Tawangrejo Briptu Dedi Irawan dan Bripka Fajar AP,AMd  melaksanakan giat Sambang  dan patroli dialogis serta check Siskamling di Dusun Tawing Kidul Desa Tawangrejo  dan menemui beberapa warga masyarakat antusias melaksanakan Giat siskamling. Selasa,(7/3/2017) pukul 21.30 Wib.
Melihat dari hal ini, Kapolres Wonogiri AKBP Ronald Reflie Rumondor SIK,MSi melalui Kapolsek Jatipurno AKP Moch Susilo di tempat terpisah mengatakan “Seorang warga negara atau masyarakat punya kewajiban dan peran dalam memelihara keamanan negara, minimal di daerahnya sendiri.”
“Karena pihak kepolisian juga memerlukan bantuan dari pihak-pihak lainnya agak tingkat kriminalitas pun dapat dikurangi bahkan dihilangkan. Apabila ketiga elemen ini saling bekerja sama, maka tentunya akan tercipta keamanan yang baik di lingkungan tersebut’
“Banyak hal yang bisa dilakukan masyarakat dalam membantu peran para pihak keamanan. Beberapa contohnya adalah melaporkan kepada pihak keamanan seperti satpam, kepolisian, atau ketua RT/RW setempat apabila melihat seseorang atau sekelompok orang yang mencurigakan. Hal ini tentunya dapat mencegah dan mengurangi terjadinya hal-hal yang akan mengganggu ketertiban setempat”
“Dengan adanya komunikasi efektif dengan Pilar Desa dan warga masyarakat semakin mendekatkan hubungan silaturahmi dan tentunya terjalin kemitraan dengan masyarakat, demi menjaga dan mewujudkan Situasi  Kamtibmas Aman Kondusif yang diinginkan bersama”pungkasnya//(Humas)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password