Tim Saber Pungli Kalsel ‘Bergerilya’ ke di Daerah-Daerah di Kalsel

Irwasda-3-33dv2nrt1agqukzz6ybvuyTribratanews.polri.go.id- Tim Saber Pungli Kalsel yang dipimpin Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Joko P, terus begerak ke daerah-daerah di Kalsel. Pemberantasan pungutan liar (pungli) di Kalsel sangat serius diupayakan, bahkan dalam rapat koordinasi dengan instansi terkait. Membicarakan langkah-langkah konkret pemberantasan pungli di semua lapisan pelayanan masyarakat.

Merespon hal itu, unit-unit  Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Satgas Saber Pungli  Kalsel begeral, hasilnya?

29 Januari menjadi hari yang nahas bagi As, Mas, dan Jai. Mereka  tidak menduga akan ditangkap di hari itu. Sehari-harinya, para petugas loket di kawasan Agrowisata BP3T Taman Wisata Labirin Kecamatan Tambang Ulang  itu dengan mulus mendulang uang pungutan “sukarela” dari para pengunjung yang datang.

Alhasil, mereka pasrah saat dijebak oleh petugas Saber Pungli yang berpura-pura menjadi pengunjung biasa.  Seperri biasa, petugas retribusi meminta mereka membayarRp 2000 perorang dan ada tambahan  parkir sukarela. Petugas yang menyamar  membayar sebesar Rp10.000 yang  diterima oleh petugas  dengan memberi empat lembar karcis tanda masuk tanpa member tanda karcis parkir.

Tim Saber Pungli pun beraksi. Para petugas loket itu diminta memperlihatkan hasil yang telah didapatkan dari pengunjung.  Ada uang sebesar Rp.5.120.000 dari penjualan 1.843 lembar karcis. Padahal , jika berdasarkan karcis jumlah uang harusnya  hanya Rp.3.886.000. Ada  kelebihan uang sejumlah Rp.1.434.000 yang didapatkan dari hasil parkir “sukarela.” Para petugas loket ini pun digiring dan ditangkap.

Tim Saber Pungli Tanah Laut juga beraksi di beberapa lokasi wisata. Di Pantai Batakan, tim Saber pungli  mengamankan seorang  pelaku berinisial A, yang kedapatan memungut retribusi biaya masuk tidak sesuai dengan jumlah karcis.

penulis    anang

editor       iqbal96

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password