Dua Desa di Kecamatan Pengasih Kulonprogo Menerima Bantuan Pemerintah

tribratanews.polri.go.id JOGJA – Dua desa di Kecamatan Pengasih Kulonprogo mendapat bantuan dari Pemerintah berupa pembagian Kartu ATM dan pembagian dana tunai Program Keluarga Harapan di Balai Desa Margosari, Rabu (8/3/2017). Sebanyak 601 warga penduduk dari dua desa  yakni desa Margosari  dan desa Kedungsari yang menerima bantuan dari Pemerintah, masing-masing akan menerima antara Rp. 162.500.- s/d Rp. 429.000.- . Adanya perbedaan nominal yang akan diterima dikarenakan menyesuaikan dengan kondisi masing-masing keluarga berdasarkan verifikasi data keluarga.

Menurut anggota Bhabinkamtibmas desa Margosari Bripka Sunu Prasetyo Jati saat melakukan penjagaan menyampaikan PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga RTS diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Tujuan PKH adalah untuk mengurangi angka dan memutus rantai kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok paling miskin. Tujuan ini berkaitan langsung dengan upaya mempercepat pencapaian target Millennium Development Goals (MDGs). Secara khusus, tujuan PKH adalah Meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan bagi Peserta PKH Meningkatkan taraf pendidikan Peserta PKH Meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil (bumil), ibu nifas, bawah lima tahun (balita) dan anak prasekolah anggota Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM)/Keluarga Sangat Miskin (KSM).

Lanjut Bripka Sunu menjelaskan Data keluarga yang dapat menjadi peserta PKH didapatkan dari Basis Data Terpadu dan memenuhi sedikitnya satu kriteria kepesertaan program berikut, yaitu: Memiliki ibu hamil/ nifas/anak balita, Memiliki anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan dasar (anak pra sekolah)Anak usia SD /MI/Paket A/SDLB (usia 7-12 tahun),Anak SLTP/MTs/Paket B/SMLB (Usia 12-15), Anak 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar termasuk anak dengan disabilitas.

Sebagai bukti kepesertaan PKH, KSM diberikan Kartu Peserta PKH. Uang bantuan dapat diambil oleh Pengurus Keluarga di Kantor Pos terdekat dengan membawa Kartu Peserta PKH dan tidak dapat diwakilkan. Sebagian peserta PKH menerima bantuan melalui rekening bank dalam hal ini di Desa Margosari dan Desa Kedungsari Bank BNI UGM.

Teringat pesan Presiden Jokowi, Bripka Sunu menambahkan hendaknya bantuan ini digunakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. “bantuan ini jangan digunakan untuk membeli pulsa”, pugkasnya.

penulis : robium
editor : Iqbal96
publish : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password