Wujudkan Merit System, Polda Bali Melaksanakan Promosi Jabatan Terbuka Bagi Kasubdit dan Kabagwasidik di Lingkungan Direktorat Reserse

Tribratanews.polri.go.id-Polda Bali. Biro sumber daya manusia (SDM) Polda Bali selaku pelaksana pembinaan personel melaksanakan promosi jabatan terbuka sebagai wujud implementasi dari program Promoter Program XI kegiatan 58 “Pemberlakuan Rekrutmen Terbuka untuk Jabatan di Lingkungan Polri” , terkait hal tersebut kemudian dilaksanakan Promosi Jabatan Terbuka untuk Jabatan Kasubdit/Kabagwassidik di lingkungan Polda Bali dengan harapan terbentuk struktur personel pada jabatan Kasubdit/Kabagwassidik yang sesuai dengan kompetensi baik secara soft skill ataupun kemampuan hard skill yaitu kemampuan teknis. Untuk mengakomodir dua aspek tersebut, Promosi Jabatan Terbuka merupakan sarana untuk menggali dan mengembangkan kompetensi sekaligus sarana seleksi bagi para personel dengan harapan dapat mewujudkan iklim kerja yang sehat dan optimal dalam pelaksanaan penegakkan hukum di daerah hukum Polda Bali.
Promosi Jabatan terbuka diawali dengan kegiatan sosialisasi yaitu pengumuman dan pengabaran ke Satker/Satwil di lingkungan Polda Bali, melalui Banner, spanduk ataupun melalui Surat Telegram, kemudian memanfaatkan media sosial facebook. Dalam Sosialisasi juga dijelaskan tentang kriteria dan persyaratan untuk mengikuti kegiatan Promosi Jabatan Terbuka Jabatan Kasubdit/Kabagwassidik.
Setelah pelaksanaan Sosialisasi kemudian dilaksanakan pemetaan animo yaitu pendataan personel yang memiliki kualifikasi-kualifikasi yang relevan dengan jabatan Kasubdit/Kabagwassidik ataupun menerima surat dari Kasatker/Kasatwil tentang usulan bagi personelnya yang direkomendasikan mengikuti kegiatan Promosi Jabatan Terbuka. Setelah dilaksanakan verifikasi administrasi (Catatatan personel, pemeriksaan kesehatan , kesamaptaan jasmani, SMK, rekomendasi kasatker) kemudian dilaksanakan pemanggilan bagi para peserta yang dinyatakan memenuhi syarat untuk selanjutnya melaksanakan uji Psikologi. Dalam Promosi Jabatan Terbuka Kasubdit/Kabawassidik yang telah dilaksanakan di lingkungan Polda Bali, tercatat animo sejumlah 63 personel yang berminat dan memiliki latar belakang dan kualifikasi reserse sehingga keseluruhan personel tersebut dipanggil untuk melaksanakan Uji Psikologi yang dilaksakan oleh Bag psi Biro SDM Polda Bali.
Setelah pelaksanaan ujian psikologi , bagi peserta yang dinyatakan  memenuhi syarat untuk selanjutnya akan mengikuti Assessment Center. Assessment Center merupakan metode untuk menggali kompetensi personel secara non teknis, artinya yang digali dan dikembangkan adalah kompetensi soft skill yang terdiri dari integritas, pengambilan keputusan, dan profil lainnya sebagaimana yang diatur dalam Perkap Nomor 5 Tahun 2016 tentang Assessment Center di Lingkungan Polri. Adapun waktu pelaksanaan Assessment Center Kasubdit/Kabagwassidik akan dilakukan mulai  tanggal 28 Februari s/d  2 Mei 2017 bertempat di Ruang Assessment Center Polda Bali, pada tahap ini peserta yang dinyatakan memenuhi syarat adalah sejumlah 18 peserta yang kemudian dibagi lagi ke dalam 3 kelompok dan terdiri dari 6 Assesse, setiap kelompok melaksanakan Assessment Center dari pukul 08.00 s/d selesai setiap harinya. setelah Assessment Center selanjutnya akan dilaksanakan Feedback dengan memanggil Assesse untuk dijelaskan terkait hasil Assessment yang telah diikutinya.
Setelah tahapan tersebut untuk mengetahui kemampuan teknis personel khususnya penguasaan terhadap bidang fungsi teknis Kepolisian, pada tahapan promosi Jabatan terbuka Kasubdit/Kabagwassidik juga dilaksanakan Uji Kompetensi Bidang Reserse. Dalam tahapan ini 12 peserta dinyatakan memenuhi syarat sebagaimana hasil Assessment Center sehingga pada tanggal 8 Maret 2017 pukul 08.00 Wita, bertempat di Ruang Rapat Ditreskrimum Polda Bali dilaksanakan Uji Kompetensi Bidang Reserse, peserta akan diuji kemampuannya dengan membuat  karya tulis yang berisikan ide atau terobosan kreatif untuk mengoptimalkan kinerja Penyidik. Karya tulis tersebut selanjutnya  dipaparkan di depan Pejabat Utama sebagai Tim Penguji yang terdiri dari Dirreskrimum Polda Bali, Kabid Propam Polda Bali, Kabidkum Polda Bali dan Wadirresnarkoba Polda Bali, peserta diberikan waktu selama 10 menit untuk paparan dan 30 menit diskusi dengan Tim Penguji.
Dalam kesempatan ini Karo SDM Polda Bali Kombes.Pol Drs. Jawari menjelaskan bahwa hasil dari uji kompetensi bidang reserse ini akan memunculkan beberapa personel untuk di promosikan menduduki jabatan Kasubdit dan Kabagwassidik di lingkungan Direktorat Reserse Polda Bali, dalam kesempatan yang sama kegiatan ini juga akan dilaksanakan untuk jabatan yang lain sehingga upaya menempatkan personel sesuai dengan kompetensi dan kinerjanya secara transparan akan terbentuk dengan demikian  pola pembinaan karier yang berdasarkan merit system akan terwujud degan baik di jajaran Polda Bali.

Sumber : Biro SDM Polda Bali

Publish : Swan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password