Perketat Keamanan Lapas, Kapolda Kalsel Tawarkan Bantuan Personel

Langkah strategis ditawarkan oleh Kapolda Kalsel guna memaksimalkan pengamanan lembaga pemasyarakatan (lapas) di Kalsel. Longgarnya pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Banua lantaran minimnya jumlah petugas jaga membuat pihak kepolisian ikut merasa bertanggungjawab. Kepolisian menawarkan bantuan dengan cara mengirimkan personelnya untuk menambah jumlah petugas jaga.

“Kalau memang Lapas perlu bantuan Polri, ajukan saja. Berapapun mereka minta akan kami berikan,” kata Kapolda Kalsel Brigjen Erwin Triwanto. Dia mengatakan  kepolisian sangat terbuka untuk menambah pengamanan Lapas.

Menurutnya, rutinitas menjaga para Napi di Lapas jangan dianggap sebagai pekerjaan yang sepele. Petugas harus selalu cermat dan waspada, karena sewaktu-waktu kejadian yang diduga akan terjadi. “Jangan anggap menjaga napi itu merupakan rutinitas yang tidak perlu ada pengawasan ketat, penjagaan tersebut malah sangat membutuhkan pengawasan ketat,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Banjar AKBP Kukuh Prabowo mengungkapkan, selama ini pihaknya selalu memback-up keamanan Lapas Anak Klas I Martapura. “Setiap jam kunjungan kami selalu menempatkan lima personel untuk ikut berjaga-jaga di sana,” ungkapnya.

Secara terpisah Kalapas Banjarbaru Heriansyah menuturkan, pihak Lapas memang sudah menjalin kerjasama dengan kepolisian. Seperti halnya di Lapas Banjarbaru, setiap hari selalu disambangi oleh personel dari Polres Banjarbaru saat melakukan patroli. “Dalam 24 jam anggota Polres Banjarbaru bisa sampai enam kali patroli ke sini,” ujarnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password