Wakapolda Hadiri Launching E-Goverment dan Forum Pembangunan Provinsi Papua

tribratanews.polri.go.id – Polda Papua. Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Agus Rianto menghadiri Launching E-Goverment Papua dan Forum Pembangunan Papua, rabu 08 maret 2017.

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung sasana krida kantor Gubernur Provinsi Papua juga dihadiri oleh Gubernur Papua Lukas Enembe, Kasdam XVII/Cendrawasih, DPRP, Komandan Lantamal X, Perwakilan Kementerian Dalam Negeri dan Bappenas, Perwakilan Kedutaan USA, Perwakilan Kedutaan Australia, Perwakilan Provinsi Jawa Barat, perwakilan mitra Pembangunan Papua dan para Bupati/Walikota se-Papua.

Pemerintah Provinsi Papua sedang berupaya untuk membenahi tata pemerintahan, dimulai dari aspek perencanaan dan penganggaran yang merupakan dasar dan panduan untuk pelaksanaan program-program yang berkontribusi pada pencapaian target pembangunan. Pada tahun 2017 Pemerintah Provinsi Papua akan mulai menerapkan sistem elektronik dalam perencanaan dan penganggaran perijinan dan pendapatan daerah sebagai langkah awal untuk mereformasi tata pemerintahan di Papua seperti E-Perencanaan terdiri dari tiga sistem e-Papua Pu Musrenbang untuk mengintegrasikan perencanaan dari tingkat kabupaten dan Provinsi, E-Papua Pu Perencanaan untuk mengintegrasikan perencanaan jangka menengah dan tahunan. E-papua Pu Penganggaran untuk mengintegrasikan penganggaran tahunan, E-Perijinan akan menggunakan sistem e-perijinan Papua On-line yang akan memberikan pelayanan perijinan usaha kepada sektor swasta, E-Pendapatan akan menggunakan e-samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) yang akan memberikan pelayanan pembayaran pajak kendaraan.

E-Government Papua merupakan sarana Sistem Aplikasi Transparansi yang berbasis wilayah dan data yang terstruktur, integratif, tematik dan spesial yang mencakup Sistem Perencanaan dan Penganggaran yang sangat bermanfaat untuk memperbaiki dan mensinergitaskan tata kelola anggaran antara Provinsi dan Kabupaten/Kota di Provinsi Papua.

Wakil Ketua Bidang Penindakan KPK Basaria Panjaitan mengatakan “tahun lalu saya sempat kesini, dan program ini baru dalam pembahasan, rupanya tanpa pendampingan oleh Jawa Barat yang sudah terlebih dahulu menerapkan program ini, Papua sudah punya tim sendiri dan hari ini bisa langsung di launching.

KPK punya pemikiran untuk wujudkan tata kelola yang baik, harus ada transparansi begitu juga tata kelola yang bersih, juga harus ada tranparansi, dan ini diwujudkan dalam bentuk aplikasi E-Government.

Penulis : Sosra WTD
Editor   : Iqbal96
Publish : Reinaldy

Admin Polri55933 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password