Anak Pensiunan Satpam Lulusan Terbaik SPN Polda Sumsel, Masuk Polisi itu Tidak Bayar

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumsel, Tatap muka Kapolda Sumsel Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si dengan Bripda Bayu Arsyifa Rahmadi lulusan terbaik SPN Polda Sumsel di Ruang kerja Kapolda. Rabu (8/3).

Anak kedua dari lima bersaudara yang nota bene orang tuanya hanya pensiunan satpam ini tidak pernah menyangka bisa meraih predikat terbaik. Karena banyak teman-temannya memiliki potensi yang baik saat menjalani pendidikan di SPN Polda Sumsel.

Dirinya menceritakan sempat tiga kali mendaftar untuk bisa masuk menjadi anggota Polri. Pada tahun 2014 pernah mendaftar Akpol, tahun 2015 mendaftar Bintara namun gugur di pantohir. Menghadapi beberapa kali kegagalan, tidak membuat dirinya berputus asa malah semakin lebih giat berlatih dan mempersiapkan diri. Terbukti di tahun 2016 dirinya berhasil lulus.

“Kuncinya persiapkan diri secara matang baik itu fisik, kesehatan maupun mental. Disamping itu, dirinya juga rutin membaca buku untuk mengasah kemampuan dalam menjawab soal – soal akademik. Sehingga saat mengikuti tes akan terasa ringan. Dinyatakan lulus dengan peringkat 215 dari 230 peserta lainnya sama sekali tidak mengeluarkan uang. Mengeluarkan uang hanya untuk biaya foto copy berkas untuk pendaftaran, biaya yang lainnya sama sekali tidak ada,” ujar Bripda Bayu

Remaja kelahiran Palembang, 2 Januari 1996 ini memang memiliki tekad kuat dan ketertarikan dengan dunia militer hal ini dibuktikan dengan dirinya pernah menjadi Paskibra “ Pasukan Pengibar Bendera “ tingkat provinsi tahun 2013.

Dinyatakan lulus menjadi siswa untuk menempuh pendidikan kepolisian di SPN Betung, ia juga dipercaya menjadi komandan resimen untuk teman-temannya.

Banyak suka duka yang dialaminya selama menjalani pendidikan di SPN Polda Sumsel salah satunya harus jauh dari kedua orangtua dan keluarga namun hal ini tidak membuatnya patah semangat karena menggapai cita – cita itu butuh perjuangan dan pengorbanan. Apalagi dirinya dipercaya untuk menjabat Danmen “ Komandan Resimen “ yang memimpin 229 siswa lainnya harus memberikan teladan, harus lebih disiplin sebelum memberikan pengertian perlunya mentaati peraturan dan mendisiplinkan diri.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto yang menerima Bripda Bayu di ruang kerjanya berpesan, dengan menyandang predikat sebagai lulusan terbaik harus bisa menjadi pelopor dan contoh di keluarga, masyarakat serta lingkungan tempatnya bekerja nantinya.

” Sebentar lagi akan dibuka pendaftaran untuk penerimaan Akpol, Bintara dan Tamtama. Bagi yang berminat dan yang ingin mendaftar sudah harus mempersiapkan diri. Ikuti saja sesuai dengan prosedur jangan sampai terpengaruh dengan iming – iming oknum yang bisa meluluskan menjadi polisi. Buktinya Bayu, sama sekali tidak mengeluarkan uang untuk menjadi polisi,” katanya.

Penulis : Yulius

Editor   : Iqbal 96

Publis   : Yulius

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password