Sat Lantas Polres Tanjung Jabung Barat Menindak Tegas Kendaraan yang Berpotensi Terjadinya Laka Lantas

0tribratanews12Tribratanews.polri.go.id – Polda Jambi –Kuala Tungkal – Sering menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas, anggota satuan lalu lintas Polres Tanjung Jabung Barat menindak puluhan kendaraan truk bermuatan material tanah tanpa ditutup terpal.

Kapolres Tanjung Jabung Barat AKBP. Agus Sumartono, S.I.K., S.H., M.H. mengatakan bahwa pentingnya penutupan bahan material tambang galian C dengan terpal tersebut yaitu menutupi bahan material yg dibawanya. Gumpalan tanah yang jatuh ke aspal itu membahayakan pengguna jalan. Kalau tanah itu basah karena hujan, tentu licin dan sangat berbahaya bagi pengendara kendaraan seperi sepeda motor dan kendaraan lainnya. Selain itu juga pada saat musim panas kendaraan yang ada dibelakang kendaraan truk tanah tersebut bisa mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya.

0tribratanewsjambi1Puluhan truk yang terjaring pada saat anggota sat lantas Polres Tanjab Barat melaksanakan patroli yang dipimpin oleh PS Kasat Lantas IPTU. Agustina Wijayanty, S.I.K. di Jalan Lintas Jambi – Kuala Tungkal Desa Pematang Lumut, selain tidak menggunakan terpal, juga terdapat truk yang tidak dilengkapi surat-surat kendaraan dan kelengkapan pengemudinya.

PS Kasat Lantas IPTU. Agustina Wijayanty, S.I.K menjelaskan bahwa setiap truk pengangkut bahan material tambang galian C wajib menggunakan terpal sebagai penutup. Pemasangan terpal menurut PS Kasat Lantas bertujuan menutupi tanah maupun batu yang diangkut supaya tidak jatuh atau tercecer di jalan.

Menurut beliau pemasangan terpal juga tidak boleh asal asalan, terpal tersebut harus bisa menutupi penuh permukaan bak truk tersebut jangan sampai ada bagian tanah yang tidak tertutup terpal jelas Kapolres.

Material yang diambil dari salah satu galian yang berada di kawasan kecamatan betara ini sering kali dikeluhkan oleh masyarakat setempat karena truk-truk yang bermuatan material selalu ugal-ugalan di jalan.

Penulis : Humas Res Tanjabbar

Editor   : Kang Iqbal96

Publish : Lilik Adhi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password