Rangkul Bhabinkamtibmas, Sudin Kesehatan Kepulauan Seribu Programkan Pulau Binaan

Tribratanews.polri.go.id (Polres Kepulauan Seribu) – Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kepulauan Seribu Selatan akan programkan Pulau Binaan di wilayah Kepulauan Seribu Selatan. Tujuannya, agar seluruh masalah kesehatan dan lingkungan dapat terkendali, 

“Di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan adalah Pulau Untung Jawa yang kita jadikan Pilot Project Program Pulau Binaan Kesehatan, selain padat penduduknya Pulau Untung Jawa terdapat Pusat Kesehatan Masyarakat” ujar Bhabinkamtibmas Pulau Untungjawa Polres Kepulauan Seribu Briptu Vaisal Lasih, Rabu (08/09/2017)

Vaisal mengatakan, definisi operasional Pulau Binaan yakni seluruh warga di Pulau Binaan terdata masalah kesehatan dasar, baik imunisasi, penyakit dan gizi. Sementara, untuk masalah lingkungan seperti jamban sehat, air bersih, ventilasi rumah, perilaku hidup sehat itu terkontrol dengan baik.

“Seluruh warga binaan memiliki jaminan kesehatan. Setiap Rumah memiliki dokter keluarga tercantum di stiker ketuk pintu layani dengan hati (KPLDH) berikut nama dan nomor telepon dokter,” 

Yuddy Dimyati, Kepala Sudin Kesehatan Kepulauan Seribu menambahkan “Dokter atau perawat, itu akan standby di pulau selama 24 jam, mereka akan siap dalam keadaan darurat serta rutin melakukan kunjungan rumah, dan mempersiapkan rujukan menggunakan ambulance laut maupun darat. serta kunjungan dari puskesmas ke rumah yang terjadwal bagi pasien penyakit kronis “.

“Petugas akan melakukan pemeriksaan air rutin RO dan sumur warga. Begitu juga dengan pemeriksaan rutin bahan berbahaya jajanan anak sekolah, catering dan oleh-oleh,” pungkasnya.

Penulis : Seto TFTT

Editor : Iqbal96

Publish : Seto TFTT

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password