Kapolres Karangasem Blusukan ke Lokasi Konflik Adat

Tribratanews.polri.go.id,  Polda Bali – Kabupaten Karangasem saat merupakan wilayah yang rawan Konflik Adat. Hingga bulan Maret 2017 tercatat beberapa kasus Konflik Adat yang terjadi di wilayah Polres Karangasem. Salah satu konflik adat yang paling menonjol saat ini adalah polemik pemindahan kuburan warga muslim di Br. Dinas Ujung Pesisi, Desa Tumbu, Kecamatan dan Kabupaten Karangasem dan konflik penolahan warga Desa Pakraman Asak terhadap keberadaan Yayasan Bali Gadang di Br. Dinas Asak, Desa Pertima, Kecamatan dan Kabupaten Karangasem.

Untuk meredam dan memetakan potensi konflik di wilayah Br. Dinas Ujung Pesisi dan Desa Pakraman Asak, Kapolres Karangasem AKBP SUGENG SUDARSO, S.H., S.I.K., M.M. didampingi Kasat Intelkam Polres Karangasem, Waka Polsek Karangasem beserta jajarannya, pada hari Rabu (8/3) mendatangi lokasi konflik tersebut.

Pertama-tama Kapolres beserta rombongan dengan didampingi oleh Kepala Dusun Ujung Pesisi YATIMN, mendatangi lokasi kuburan pribadi milik H. ABDUL KADIR, setelah itu Kapolres mengecek lokasi kedua yaitu Kuburan Pribadi milik Keluarga Besar RUSLI di Br. Dinas Ujung Pesisi. Kunjungan Kapolres ke dua lokasi tersebut guna mengecek secara langsung lokasi kuburan pribadi yang rencana akan direlokasi oleh pemerintah karena adanya penolakan dari Desa Adat Tumbu, Karangasem karena keberadaan kuburan tersebut tidak memiliki ijin dari Desa dan Pemerintah setempat. Dalam kesempatan tersebut Kapolres menghimbau seluruh pihak untuk saling menjaga diri serta bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di wilayahnya. Setelah mengecek lokasi kuburan tersebut, Kapolres menyempatkan diri untuk berziarah ke Makam Ratu Mas Pakel yang lokasinya tak jauh dari kuburan sengketa. Makam ini merupakan makam cagar budaya serta merupakan cikal bakal keberadaan Kampung Muslim di Karangasem.

IMG-20170308-WA0030

Setelah berkunjung di Ujung Pesisi, Kapolres Karangasem beserta rombongan bertolak menuju ke Yayasan Bali Gadang di Br. Dinas Asak, Desa Pertima, Kecamatan dan Kabupaten Karangasem. Setibanya di lokasi tersebut, Kapolres didampingi oleh Kasat Intelkam Polres Karangasem AKP AGUNG ARYA ARJANA PUTRA, S.H. beserta jajaran personil Sat Intelkam Polres Karangasem, Waka Polsek Karangasem AKP I WAYAN WARDANA beserta jajaran personil Polsek Karangasem dan Bhabinkamtibmas Desa Pertima AIPTU I NENGAH KINDRI serta Babinsa Desa Pertima. Dalam kesempatan tersebut Kapolres melihat langsung lokasi Yayasan Bali Gadang yang menuai Pro dan Kontra di kalangan masyarakat Desa Pakraman Asak. Kapolres juga mendengarkan langsung dari Bhabin Kamtibmas Desa Pertima AIPTU I NENGAH KINDRI mengenai duduk permasalahan yang terjadi di Desa Pakraman Asak.

IMG-20170308-WA0032

Setelah mendengarkan duduk permasalahan yang terjadi, dalam kesempatan tersebut Kapolres Karangasem AKBP SUGENG SUDARSO, S.H., S.I.K., M.M. menjelaskan bahwa kedatangan beliau ke Ujung dan ke Asak untuk meninjau langsung lokasi yang menjadi konflik serta melihat dan mendengar secara langsung aspirasi dari Anggota Polri di lapangan mengenai permasalahan dimaksud. Kapolres Karangasem menambahkan bahwa pihaknya dalam hal ini hanya bisa melakukan langkah Preventif agar konflik ini tidak berlarut-larut. Kapolres telah mengambil langkah-langkah seperti memerintahkan Kasat Intelkam untuk membuat rekomendasi tertulis kepada pimpinan baik Pimpinan Polri maupun pimpinan Daerah terkait, dalam hal ini Bupati dan MMDP (Majelis Madya Desa Pakraman) mengenai langkah-langkah yang ditempuh guna menyelesaikan permasalahan konflik adat ini, serta memerintahkan Kapolsek serta Bhabinkamtibmas untuk memantau terus perkembangan konflik dan segera melaporkannya kepada pimpinan, sehingga konflik ini tidak melebar dan menjadi masalah yang besar dan mengganggu kondusifitas wilayah Karangasem yang selama ini secara umum sudah kondusif.

Author : Kabay

Editor : Iqbal96

Publish : Cytroop

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password