Oknum Lurah dan Sekretaris Terjaring OTT Tim Saber Pungli Kota Bitung

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Oknum lurah salah satu kelurahan di Kecamatan Ranowulu, berinisial VT, bersama sekretaris kelurahan, NS, yang diduga melakukan pungutan liar pada pengurusan sertifikat tanah, terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan oleh Tim Saber Pungli (sapu bersih pungutan liar) Kota Bitung.

OTT berlangsung pada Selasa (07/03/2017) sekitar pukul 13.30 WITA, dikantor kelurahan tersebut. Keduanya diduga melakukan pungutan yang tidak sesuai dengan ketentuan kepada sekitar 28 warga terkait pengurusan sertifikat tanah dalam Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona). OTT ini dipimpin oleh Kaur Bin Ops Sat Reskrim Polres Bitung, Iptu Jhon Boki bersama anggota yang tergabung dalam tim intelijen, yustisia dan pencegahan.

Terbongkarnya dugaan praktek pungli ini berawal dari informasi masyarakat yang merasa keberatan dengan ulah oknum tersebut. Bermodal informasi warga, timpun segera melakukan penyelidikan dan menangkap tangan kedua oknum. Petugas juga berhasil mendapati barang bukti berupa uang tunai Rp 1.200.000, 16 sertifikat tanah dan catatan pembayaran pengurusan sertifikat.

Setelah melakukan OTT, tim menuju ke Polres Bitung untuk mengamankan hasil operasi. Tim selanjutnya menginterogasi para pemohon sertifikat, 3 oknum pegawai BPN Kota Bitung, lurah dan sekretaris. “Kasus ini masih dalam pengembangan lebih lanjut,” singkat Kapolres Bitung, AKBP Philemon Ginting melalui Kasubbag Humas, AKP Idris Musa.

Penulis: Rony
Editor: Iqbal96
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password