Selalu Hadir di Tengah-Tengah Masyarakat, Itu Peran Seorang Bhabinkamtibmas

tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Sentani – Peran Bhabinkmatibmas di Desa, selain sebagai pembina keamanan, juga merupakan mitra masyarat yang setiap saat selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Bahkan tak berlebihan, Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polri

Kehadirannya tidak hanya sebagai sosok yang gagah dengan uniform Polri yang membanggakan, tetapi lebih dari itu ada kerinduan masyarakat akan perannya sebagai fungsi Bhabinkamtibmas yang diharapkan menjadi sosok yang mampu menyelesaikan setiap permasalahan keamaan di desanya. Karena itu, Bhabikamtibmas di desa sangat dihormati masyarakat, tentu bersama Babinsa dan Kepada Desa yang sering disebut kekuatan tiga pilar.

Bahkan tidak jarang Bhabinkmatibmas lebih dikenal dari pada sosok anggota Polri pada umumnya termasuk pimpinana sekalipun.

Tidak berlebihan memang, karena Bhabinkamtibmas selalu ada ketika warganya menghadapi problem. Selalu hadir ketika warganya mengadu perkara-perkara hukum, dari yang kecil sampai dengan perkara yang besar. Bhabinkamtibmas pasti selalu terdepan bersama warganya. Ia akan menjadi pioneer dalam setiap perkara yang mampu mendengar,, menyaring, menganalisis keluhan warga sampai dengan mencari solusi yang solutif.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Sentani Kota Bripka Suriyanto yang menghadiri kegiatan pemilihan ketua RT 1, RT 2 dan RW 3 perumahan Gajah mada, kampung Yahim, Sentani, Selasa (07/2).

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan dalam pemilihan ini warga diharapkan dapat memilih Ketua RT dan RW yang dapat memimpin warga, dengan baik, bukan asal tunjuk saja, karena Ketua RT dan RW merupakan Pemerintah terkecil di dalam satu wilayah. Lanjutnya, siapapun yang terpilih, maka warga harus mematuhi program dari Ketua RT dan RW.

Selain itu Bhabinkamtibmas Bripka Suriyanto ini tak lupa menyampaikan pesan – pesan Kamtibmas dan selalu menghimbau kepada masyarakat untuk selalu bersatu dan saling bahu membahu mendukung terciptanya Kamtibmas yang kondusif.

Kapolsek Sentani Kota yang diwakili Bripka Suriyanto mengatakan sebagai seorang Bhabinkamtibmas harus selalu ada di tengah-tengah masyarakat, salah satu tugas pokoknya adalah melakukan pengaturan dan pengamanan kegiatan masyarakat hal tersebut bertujuan untuk menyerap informasi yang ada di tengah masyarakat bahwa Polri harus selalu ada di tengah-tengah masyarakat agar lebih peka terhadap lingkungan binaannya.

Penulis  : Dewa Semara
Editor    : Iqbal96
Publish  : Rein

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password