Polda Malut Usut Pemotongan Dana BOS di Halmahera Barat

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Maluku Utara tengah mengusut dugaan tindak pidana korupsi terkait pemotongan dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) semester II  tahun 2016 di seluruh SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Halmahera Barat, yang diduga melibatkan Kasudin Dikdas (Pendidikan Dasar) bernama Catur.

Bahkan untuk membuat terang kasus tersebut, dalam waktu dekat penyidik bakal memanggil yang bersangkutan untu di periksa sebagai saksi dalam perkara korupsi tersebut.

“Mungkin dalam waktu dekat ini akan kami panggil yang bersangkutan. Kalau memang sudah saatnya, (Catur) dipanggil, kami panggil,” sebut penyidik yang diteruskan Kabid Humas AKBP Hendry Badar

Pemeriksaan terhadap Catur disebutkan cukup penting, karena ia adalah pihak pelaksanaan BOS.

“Siapa saja yang berkaitan dengan perkara ini akan kami panggil,” tegasnya.

Kabid Humas Polda Maluku Utara juga menyebut, Catur dilaporkan karena diduga melakukan pemotongan dana BOS triwulan II di seluruh SMP di Halmahera Barat. Pemotongan tersebut berfariasi mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 20 juta rupiah dan Jika ditotalkan dengan jumlah sekolah yang ada senilai Rp1,4 miliar rupiah, hanya saja ia tak bersedia menjelaskan lebih jauh hasil penyelidikan yang tengah dilakukan.

“Tenang sajalah inikah masih penyelidikan, nanti pasti kami akan beberkan,” akunya.

Kasus pemotongan dana BOS tambahan ini bermula dari laporan sejumlah kepala sekolah di Halmahera Barat. Mereka mengaku menerima dana BOS triwulan II tahun 2016 tak utuh lantaran di tilep.

Bahkan untuk membuat kasus tersebut semakin terang, saat ini Ditreskrimsus Polda Malut sudah membentuk tim untuk mengumpulkan data dan bahan keterangan (puldata dan pulbaket).

“Diharapkan data dan keterangan yang diperoleh tersebut bisa jadi bahan untuk mengungkap secara terang kasus tersebut,” pungkasnya

Penulis  : Humas Polda Maluku Utara
Editor    : Kang ikbal96
Publish  : Mandala Putra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password