Melalui Pelatihan Safety Riding, Polres Demak Tekan Angka Laka Lantas

Tribratanews.polri.go.id – Polres Demak, Kepolisian Resor Demak Polda Jateng  kampanyekan tertib berlalu lintas kepada seluruh anggota Polres Demak bertempat di   Mapolres Demak. Selasa (07/03/2017).

Acara yang dibuka langsung Kapolres Demak AKBP Sonny Irawan.SIK.MH dengan mengenakan rompi keselamatan Polri apabila melaksanakan tugas di jalan kepada perwakilan anggota polres Demak.

Dalam pelaksanaan kampanye tertib berlalu lintas, anggota Polres Demak termasuk Bhabibkamtibmas yang merupakan  paling dekat dan bersentuhan langsung dengan masyarakat  dibekali  safety riding oleh Kasat Lantas AKP Umbar Wijaya.SH.

Dengan dibekali tata cara berkendara yang benar  dan aman, diharapkan ketika mereka diterjunkan ke wilayahnya masing-masing selama pelaksanaan Operasi Simpatik Candi 2017, benar-benar siap memberikan pendidikan berlalu lintas yang baik kepada masyarakat.

 Kapolres Demak, AKBP sonny Irawan.SIK.MH, menjelaskan polisi perlu juga mengikuti safety riding ini agar tahu kemajuan ilmu keselamatan berkendara sehingga polisi semakin profesional.

Terkait belum lama ini ada anggota Polres Demak yang meninggal dunia akibat mengalami kecelakaan saat menjalankan tugas. “Jadi, sebelum turun ke lapangan untuk menertibkan maupun memberikan himbauan kepada masyarakat, anggota kita tertibkan dulu,” terangnya.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga jam , seluruh peserta safety riding  diberikan pengetahuan dari hal kecil hingga besar dan praktek langsung bagaiman teknik pengereman, berkendara zig-zag, keseimbangan dan slalom.

“Tingginya kecelakaan lalu lintas di Pantura Demak ini bukan berarti polri tidak berbuat apa – apa, tidak ! Kita terus memberikan pendidikan berlalu lintas kepada masyarakat,dan  dipengaruhi sejumlah faktor diantaranya human error karena pengaruh psikologis pengendara, faktor usia dan tidak mahir mengendarai kendaraan. Kata Kapolres Demak

Faktor sarana dan prasarana seperti jalan berlubang juga mempengaruhi angka kecelakaan lalu lintas, disamping itu infrastruktur seperti rambu-rambu yang tidak jelas dan volume kendaraan yang tidak sebanding dengan kondisi jalan juga bisa menjadi penyebab kecelakaan , tambahnya.

Pelatihan berlangsung  tertib dan diharapkan semoga dengan adanya pelatihan safety riding kepada anggota Polri  dapat memaksimalkan peran anggota dan meningkatkan kecakapan anggota sehingga meminimalisir kecelakaan lalu lintas yang menimpa anggota saat menjalankan tugas.

Penulis : Enny_Smde

Editor : Iqbal96

Publisher : Wagiman DTT/WAP

Admin Polri54172 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password