Antisipasi Kriminalitas, Personel Sabhara Dan Bhabinkamtibmas Polres Tanjab Barat Giat Patroli Dialogis

Kapolres: Pencegahan Lebih Baik dari Penindakan Kejahatan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jambi – Kuala Tungkal – Untuk menciptakan situasi yang aman, nyaman dan kondusif, jajran Polres Tanjab Barat melakukan patroli dialogis pada minggu malam di wilayah kota dan jajaran sebagai upaya kegiatan Preventive dalam melokalisir kriminalitas dan pelanggaran (5/3)

Kapolres Tanjab Barat menjelaskan ” kegiatan ini kita berikan secara rutin, mengingat banyak masyarakat yang keluar kota saat hari libur” ungkapnya.

Sasaran patroli meliputi perkantoran, perumahan, SPBU, lokasi kuliner, lokasi wisata pantai, jalanan dan tempat lain yang menjadi sasaran kriminalitas.

Agus menuturkan juga bahwa ada 3 hal yang bisa dilakukan oleh seorang petugas kepolisian, yakni; pendeteksian area yang menjadi fungsi pre – emtif, yang merupakan cikal bakal munculnya benih – benih kejahatan atau pelanggaran.
Dalam area ini, diperkuat dengan deteksi dini, patroli dan monitoring kegiatan atau situasi.

Kedua, area yang menjadi bagian fungsi preventif ; disini ditekankan penggelaran personel baik berseragam (uniform) atau pun tidak berseragam ( ununiform) dengan maksud keberadaannya dapat meminimalisir ruang gerak dari para pelaku. Sisi inilah yang perlu penjagaan yang ketat.

” Saya tekankan kepada personel, agar lebih proaktif dalam melaksanakan tugas preventive; sabhara dengan patroli berlapisnya, reserse dan intel dengan Kringnya, Binmas dan para Bhabinkamtibmas dengan pola Sambangnya serta fungsu lainnnya yang membantu dilingkungan tugasnya” ucap Kapolres.

Ketiga, Area Represive, yang menekankan dalam penindakkan dan pengungkapan pelaku kejahatan.

” Kita upayakan jangan sampai ada kejadian kriminal, karena bila terjadi fungsi pre-emtive dan preventif tidak maksimal” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan tugas pencegahan ini di kendalikan langsung oleh Kabag Ops yang dibantu oleh para Kasat, Kapolsek serta perwira piket.

Juga yang paling penting adalah bekerjasama dengan instansi lain dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman, saling pateoli, saling menjaga lingkungan dan koordonasi dilapangan.

” Alhamdulillah, situasi masih kondusif sampai saat ini, laporan kejadian nyaris tidak ada karena ini merupakan kerja sama antar Polri, instansi dan masyarakat ” ungkap Kapolres.

Mari kita bersama- sama menjaga lingkungan kita dari kejahatan dan pelanggaran.

Penulis : Humas Res Tanjabbar

Editor : Kang Iqbal96

Publish : Lilik Adhi

Admin Polri54172 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password