Banjir di Rokan Hulu: Kabag Ops Polres Rohul Memimpin Penanggulangan Banjir

Tribratanews.polri.go.id – Polres Rokan Hulu Polda Riau. Selasa (07/03/07) penanggulangan bencana Banjir oleh tim Polres Rokan Hulu bersama Polsek Kunto Darussalam di Jembatan Sungai Pisang Kolek maupun di pemukiman masyarakat Dusun Pelanduk Kel. Kota Lama Kec. Kunto Darussalam.

IMG-20170307-WA0479
Kabag Ops Polres Rohul Kompol Irmadiaon, SH langsung memimpin operasi penaggulangan bencana Banjir ini mengatakan kegiatan operasi ini membantu masyarakat kepada masyarakat yang terkena musibah banjir yakni masyarakat pengguna jembatan Sungai Pisang Kolek Kelurahan Kota Lama yang terendam oleh yg meluapnya kembali Air Sungai Rokan, dimana penyebab dari air sungai rokan naik dikarenakan tadi malam curah hujan sangat tinggi di wilayah hulu yaitu Wilayah Rao – Pasaman (Sumbar perbatasan), Kec. Rokan IV Koto, Kecamatan Ujung Batu, Kecamatan. Pagaran Tapah Dusun dan Kecamatan Kunto Dusun sendiri.

IMG-20170307-WA0474
Perkembangan situasi banjir di Pemukiman Masyarakat Dusun Planduk maupun Jembatan Pisang Kolek Kel. Kota Lama Kecamatan Kunto Dusun, dimana akibat tadi malam di wilayah hulu air sungai rokan naik kembali, sehingga debit air sungai rokan meluap dan mengakibatkan banjir di jembatan sungai pisang kolek maupun pemukiman massyarakat di Dusun Planduk Kel. Kota Lama Kec. Kunto Darissalam, dan dari hasil pemantauan dan pengecekan kondisi debit air di lapangan, Ketinggian air untuk saat sekarang ini mengalami penurunan sampai dengan 10 Cm s/d 15 Cm, sehingga ketinggian air skrg ini lebih kurang 40 Cm s/d 45 Cm, dimana ketinggian air skrg ini sekitar lebih kurang pinggang orang dewasa dan tidak menutup kemungkinan dg situasi cuaca saat skrg ini yg masih mendung dan diperkirakan curah hujan akan turun kembali, maka diprediksikan debit air sungai rokan akan naik kembali, Aktifitas di Jembatan Sungai Pisang Kolek yg terendam oleh air, mengingat jembatan tsb sudah ambles, maka akses jalan dari Kota Lama menuju ke Dusun Planduk tidak bisa dilewati oleh kendaraan R2, R4 dan R6, Pemukiman warga di Dusun Planduk Kelurahan Kota Lama Kecamatan Kunto Drslm hingga saat ini sudah tidak ada terkena oleh banjir, namun kondisi air skrg ini masih berada dihalaman rumah maupun jalan masuk ke Dusun Planduk Kelurahan Kota Lama.

Sedangkan situasi Masyarakat untuk saat ini yang terkena dampak banjir masih berdiam dirumah masing – masing  dan belum ada yg mengungsi ketempat yang lebih tinggi dan aman, mengingat aktifitas masyarakat masih berjalan seperti biasa.

Lanjut” Kabag Ops Polres Rohul Kompol Irmadiaon, SH mengungkapkan Langkah- langkah yang telah kita lakukan berupa, Memberikan bantuan berupa menyeberangkan para masyarakat yang hendak melewati Jembatan Sungai Pisang Kolek yg saat skrg ini jembatan tsb terendam oleh air, Berupaya untuk memberikan pelayanan terhdp masyarakat maupun terhadap pelajar sekolah dari Kota lama menuju ke Dusun Planduk yang akan menyeberangi jembatan pisang kolek, Memberikan himbauan terhdap masyarakat yg daerahnya terkena dampak banjir agar waspada utk tidak meninggalkan barang- barang penting dirumah dan berupaya utk menjaga keselamatan diri dari bahaya penyakit maupun Tindak Pidana.

Selain dari pihak kepolisian Polres Rokan Hulu Pemerintah setempat ( Upika Kecamatan Kunto Darussalam ) Pihak Kelurahan Kota lama sudah melakukan pengecekan dan pendataan ulang terhadap masyarakat yang rumah nya masih terkena dampak banjir serta telah di dirikan tenda di dekat jembatan sungai pisang kolek ( Kondisi jembatan yang sudah amblas sebelum banjir ) serta bantuan parahu untuk menyeberangkan masyarakat dari pihak BPBD Kabupaten Rohul Riau.tutup Kabag Ops Polres Rohul Kompol Irmadiaon, SH (*)

Penulis: Humas Polres Rokan Hulu

Editor: Kang Iqbal

Publis: Veri/ Alam

Admin Polri56290 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password