Bintara Baru SPN Karombasan Manado Amankan Demo Anarkis Warga

peragaan 1

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Suasana memanas terjadi di depan Kantor KPU Kabupaten Dira Trisatya pasca rapat pleno, Selasa (7/3/2017) pagi sekira pukul 10.30 Wita.

Pasalnya, sejumlah massa datang berunjuk rasa menuntut pilkada agar diulang kembali karena ada indikasi kecurangan dalam pelaksanaannya. Polsek dan Polres setempat yang mengetahui kondisi tersebut langsung menurunkan personil Polri ke lokasi kejadian unjuk rasa.

Polisi berusaha melakukan negosiasi namun tidak digubris oleh massa yang semakin banyak berdatangan. Hingga akhirnya pihak Polrespun menurunkan Pasukan Pengendali Massa (Dalmas) dan kendaraan taktis AWC.

Berbagai usaha polisi untuk membubarkan massa, mulai dari menyemprotkan air hingga menyemprotkan gas air mata sesuai dengan Perkap 16 Tahun 2006 tentang pedoman pengendalian massa, akhirnya membuat massa bubar.

Namun, setelah itu justru massa balik dan membuat tindakan anarkhis dengan merusak fasilitas umum yang ada. Polisi yang datang dengan tegas sesuai dengan Protap 1 Tahun 2010 langsung mengambil sikap. Satu korban luka tembak dan massapun membubarkan diri.

Kejadian tersebut merupakan sebagian skenario simulasi yang dilakukan bintara baru yang dilantik oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Bambang Waskito di SPN Karombasan, Selasa (7/3/2017) pagi.

Simulasi pengendalian massa tersebut disaksikan juga oleh seluruh pejabat utama, Ketua Bhayangkari dan Pengurus Daerah serta orang tua mantan siswa Diktuk SPN Karombasan.

peragaan 4

Selain aksi pengendalian massa, para bintara baru tersebut juga melakukan unjuk aksi baris berbaris dan kolone senapan.

Kapolda Sulut merasa bangga dengan ketambahan 269 Bintara baru hasil didikan SPN Karombasan ini. Beliau berharap para Bintara ini dapat mendukung pelaksanan tugas Polri dalam menangani seluruh potensi gangguan dan kejahatan yang terjadi, sehingga upaya mewujudkan Polri yang semakin professional, modern dan terpercaya.

Penulis: Pri
Editor: Iqbal96
Publish: Pri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password