Kapolda Sulsel Pimpin Upacara Pelantikan 510 Siswa Polisi di SPN Batua

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono memimpin langsung Upacara penutupan pendidikan pembentukan Bintara Polri di Sekolah Polisi Negara (SPN) Batua. Sebanyak 510 siswa Sekolah Bintara (Seba) Polisi Polda Sulsel dilantik menjadi Brigadir Polisi, Selasa (7/3/17).

510 siswa Seba dinyatakan berhak menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) setelah menyelesaikan masa pendidikan di SPN Batua selama tujuh bulan. Disana mereka belajar dan berlatih untuk menjadi pelayanan, pengayom dan pelindung masyarakat yang humanis.

Kapolda Muktiono mengatakan para bintara polisi sudah tujuh bulan mengikuti pendidikan. Mereka dituntut bertindak profesional dalam menjalankan tugasnya. Jika mereka tak mampu menahan ujian di tengah masyarakat, hanya punya dua pilihan.

“Pilihannya hanya lanjut atau berhenti. Tidak ada yang membuat mereka dimanjakan dan diberikan perhatian yang lebih. Pada prinsipnya, jika  akibat karena kelalaian apalagi dengan kesengajaan, maka itu akan menjadi tanggung jawab masing-masing,” ucapnya.

Namun menurutnya, harus disadari waktu pendidikan yang relatif singkat belum cukup untuk menciptakan petugas lapangan tanggung dan professional, karenanya dilakukan berbagai upaya pengembangan kapasitas dan kemampuan diri secara terus menerus serta berkelanjutan.

“Mulai dari proses belajar dan pengalaman pada berbagai kegiatan operasional agar para anggota polisi ini bisa menjadi brigadir Polri berkualitas unggul dan bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ucapnya.

Sementara Ka SPN Batua Kombes Pol Fajaruddin mengatakan berbagai teori ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh para bintara itu, diharapkan bisa mengasah aspek kognatif sebagai dasar melaksanakan tugas sebaik mungkin.

“Praktek yang telah dilakukan diharapkan dapat melatih aspek psikomotorik para bintara Polri itu, sehingga terbentuk fisik prima, serta mampu melakukan langkah teknis kepolisian secara maksimal,” kata Fajaruddin.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password