ANTISIPASI HOAX : Berfikir Kritis danSkeptis

22-24-22-social_media_services

Tribratanews.go.id-Perkembangan pesat media sosial saat ini memiliki pengaruh yang tidak kalah kuat dengan media visual seperti televisi bahkan telah mengalahkan media mainstream lain seperti koran, radio

informasi yang disajikan pada media sosial sering kali hanya bermuatan isu-isu dan informasi yang tidak benar (hoax) serta merugikan publik, begitu pula banyak portal berita online yang tidak memiliki manajemen secara resmi mengeluarkan informasi kepada publik tanpa adanya data penulis dan penanggung jawab yang jelas menambah polemik bagi publik

Polemik yang mendasar tiada habisnya bermunculan untuk diperdebatkan publik. Masyarakat sebagai  pengguna media sosial diharapkan dapat berfikir kritis dalam menerima informasi serta menulis informasi yang sesuai dengan kebenaran/kenyataan.

Tak hanya kritis, sikap skeptis juga harus tertanam pada publik untuk tidak langsung percaya terhadap informasi berupa tulisan berita yang mencantumkan nama news, artikel dan gambar yang beredar serta belum memiliki bukti yang kuat akan kebenaraanya sehingga perlu dipertanyakan, melupakan dan mengabaikan perihal mendasar tentang kebenaran informasi menjadi kesalahan utama yang harus diperbaiki.

Hal itu dapat dilakukan dengan memeriksa kebenarannya melalui media mainstream yang sudah berijin, karena informasinya dapat lebih dipercaya dan profesional.

Selain itu, berfikir kritis mengenai informasi berupa broadcast messenger di media sosial juga menjadi salah satu fokus publik agar tidak mudah termakan isu.

Publik haruslah lebih cerdas dalam menanggapi broadcast messenger dan tidak memperkeruhnya dengan menyebarkan lagi informasi yang belum jelas kebenarannya tersebut di media sosial yang dimiliki.

Mulailah perbaiki diri, tanamkan pada keluarga, teman-teman dan orang-orang yang berada di sekitar kita. Berubah itu sulit, tapi yakinlah kita dapat melakukannya.*

Penulis : Kang Iqbal Asik96

Admin Polri53940 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password