Si Jago Merah Lahap PG Pesantren Baru Kota Kediri

Tribratanews.polri.go.id – Polres Kediri Kota, Pabrik Gula (PG) Pesantren Baru mendapat musibah, kemarin. Gudang penyimpanan ampas tebu terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. Namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. “Dengan musibah ini kami mengalami kerugian sekitar Rp 400 juta,” ujar General Manager PG Pesantren Baru Ir H Eko Budhi Djuniarto ST, kemarin.

Eko mengatakan, menurut pantauan tim keamanan shift malam PG Pesantren Baru, sekitar pukul 05.15 WIB belum ada tanda-tanda kebakaran. Kemudian, pukul 05.30 hasil laporan tim patroli keamanan shift pagi tercium bau asap atau barang yang terbakar. “Seketika itu juga, petugas langsung memeriksa,” terangnya.

Kemudian, pukul 05.45 WIB, petugas patroli melapor ke Pos I tentang kemungkinan adanya titik api di gudang penyimpanan ampas. Sekitar pukul 05.50 WIB, asap sudah mulai terlihat. Petugas langsung menghubungi petugas PMK PG Pesantren Baru. Pukul 06.00 WIB, asap semakin tebal dan api mulai menjalar ke conveyer hingga terbakar 30 persen. “Beruntung karet conveyer yang terbakar langsung diputus oleh petugas  sehingga tidak menjalar lebih jauh,” tegas Eko.

Agar api segera padam dan tidak menjalar ke bagian lain, petugas meminta bantuan PMK dari Kota Kediri dan PT Gudang Garam Tbk. Dari PMK Kota Kediri  datang dua unit mobil damkar dan dari PT GG Tbk ada 1 unit. “Dan Alhamdulillah pukul 07.30 api sudah berhasil dipadamkan,” bebernya.

Sementara itu, Manager Instalasi PG Pesantren Baru Ramlan S. Sinaga mengatakan, dari hasil analisis manajemen PG Pesantren Baru, api muncul karena panas dari fermentasi ampas tebu yang dicampur dengan molding, yang nantinya ampas tersebut sebagai bahan bakar alternative saat musim giling. “Dari hawa panas yang tinggi tersebut keluar asap yang menjadi titik api,” terangnya.

Dengan kejadian tersebut,  Ramlan mengatakan, ke depan, penyimpanan bahan bakar akan kita perbaiki dengan menyediakan rongga udara. Sehingga, bisa mengurangi panas fermentasi dari ampas tebu.

Penulis : DIDIK
Editor : Iqbal96
Publish : DIDIK (Res Kdr Kota)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password