Kapolri Launching Pontianak Command Center

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Kapolri Jenderal (Pol) Drs. Tito Karnavian, M.A, Ph.D. melaunching Pontianak Command Center (PCC) di Mapolresta Pontianak Kota, yang difungsikan sarana sistem pelayanan kepolisian menggunakan Tehnologi, untuk meminimalisir dan mengatasi kejahatan, Senin siang (6/3/2017).

kapolda Kalbar Irjen (Pol) Drs. Musyafak, SH, MM turut mendampingi bersama Kadivhumas Polri Irjen (Pol) Drs. Boy Rafli Amar, dan Kapusjarah Polri Brigjen (Pol) Drs. Dadang Hartanto, Pangdam XII/Tpr Mayjen (TNI) Andika Perkasa, Kajati Kalbar Sugiyono, dan Walikota Pontianak Sutarmidji.

IMG_7389Pengintegrasian teknologi informasi (IT) ini, akan semakin efektif menggerakkan personel Kepolisian dilapangan dan memudahkan mendeteksi semua kejahatan yang terjadi di Kota Pontianak, dan hal tersebut sudah dirasakan manfaatnya di dua Polres yang telah menggelar di Singkawang dan di Sintang.” Ujar Kapolda Kalbar Irjen (Pol) Drs Musyafak, SH, MM.

Kapolresta Pontianak Kota Kombes (Pol) Iwan Imam Susilo dan Kapolres Singkawang AKBP Sandy Alfafien Mustofa, diberikan waktu untuk memaparkan sekaligus mendemokan Command Center kepada Kapolri. Pontianak Command Center ini dibangun agar situasi keamanan di Kota Pontianak dan Kota Singkawang dapat dikendalikan dan dipantau secara digital terpusat di Mapolresta Pontianak Kota dan Mapolres Singkawang, yang artinya situasi kamtibmas dapat diakses secara actual oleh petugas melalui aplikasi public yang terintegrasi di Handphone para petugas dan masyarakat,” paparnya.

IMG_7391Pontianak Command Center tersebut, mengakses seluruh Ponsel anggota polresta Pontianak yang sudah terintegrasi ke dalam sistem PCC dan mengakses CCTV yang tergelar di tempat Obyek Vital, pusat pembelanjaan, perhotelan dan di berbagai titik pemukiman warga serta titik rawan di Kota Pontianak.

Selain itu “Pontianak Command Center” teraplikasi dengan base Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat (SIAP) adalah sistem yang di desain untuk mengelola kondisi situasi yang memerlukan kewaspadaan, menunjang kenyamanan, keamanan dan kesiapsiagaan pelayanan terhadap masyarakat dengan mengintegrasikan seluruh fasilitas, perangkat dan infrastruktur yang telah tergelar saat ini.

IMG_7395Sistemnya sudah sudah siap dan ready, bisa connect ke Polres Singkawang, Polres Sintang dan Kota Pontianak,” ujar Kapolda Kalbar.

Ia menambahkan pihaknya akan terus menambah jumlah Command Center di Polda Kalbar, Saat ini hanya baru 3 Polres yang telah memiliki Command Center yaitu, Polresta Pontianak, Polres Singkawang dan Polres Sintang. Kedepannya akan dikembangkan hingga ke Polres jajaran Polda Kalbar.

Sistem komunikasi, teknologi informasi dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) ini untuk memberikan rasa aman dan kesejahteraan masyarakat, dengan tersedianya fasilitas Situation Awareness Room berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi secara terpusat di Pontianak Command Center sebagai pusat kendali aktivitas proaktif Polresta Pontianak dalam kecepatan merespon melayani warga Kota Pontianak.

Selain itu dengan tersedia dan tergelarnya sistem perangkat lunak dan perangkat keras ini diharapkan dapat berfungsi untuk memudahkan petugas dilapangan dalam proses kolaborasi, koordinasi, konsolidasi dan monitoring serta kontribusi keperdulian masyarakat terhadap keamanan dilingkungannya, dimana masyarakat nantinya dapat memberikan informasi Kamtibmas melalui aplikasi di Handphone kepada petugas untuk kami tindaklanjuti.

Dan yang terakhir, meningkatnya sumber daya masyarakat dan aparat itu sendiri untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi ini sebagai alat pendukung dalam merespon kecepatan pelayanan Kepolisian kepada masyarakat,” tuturnya.

Penulis : Cucu Safiyudin
Editur: Kang Iqbal96

Publish : Tim TBL

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password