Humas Polres Purbalingga Berikan Pelatihan Pengambilan Foto dan Video Personel Satlantas

tmp_26267-IMG-20170306-WA02702029470498Tribratanews.polri.go.id – Polres Pada, Pada zaman modern seperti sekarang ini, foto dan video sudah lazim digunakan sebagai lampiran sebuah laporan. Dimana dengan bentuk visual, foto maupun videoa akan melengkapi laporan yang dibuat secara tertulis.

Namun kemampuan dan pengetahuan dalam mengambil sebuah foto maupun video jarang dimiliki oleh masing-masing individu. Terkait hal tersebut, Humas Polres Purbalingga menggelar pelatihan pengambilan foto dan video personel Satuan Lalu Lintas, Senin (6/3/2017).

Bertempat di ruang Satlantas, puluhan personel diberikan pengetahuan tentang pengambilan foto dan video sebagai pendukung sebuah laporan kegiatan dan untuk publikasi kegiatan yang sudah dilaksanakan. Pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Bripka Mistar dari Subbag Humas Polres Purbalingga.

Dalam kesempatan tersebut, Bripka Mistar memberikan tata cara pengambilan foto maupun video. Dijelaskan bahwa pengambilan gambar perlu diperhatikan komposisi objek ataupun kegiatan yang akan diambil. Pengambilan gambar bisa dilakukan dalam posisi jauh, sedang dan dekat.

Dijelaskan juga teknik pengambilan video agar gambar tidak goyang atau blur. Sehingga gambar yang diambil mampu berbicara tentang kegiatan yang dilaksanakan. Video maupun foto yang diambil akan maksimal untuk mendukung laporan yang dikirimkan.

Selain pemateri dari Humas Polres Purbalingga, pada kesempatan tersebut juga dihadirkan wartawan MNC Grup Catur Edi Purwanto. Ia menjelaskan antara lain tentang netizen jurnalism dimana masyarakat mampu menjadi jurnalis dengan alat yang dimiliki seperti ponsel yang sudah dimiliki seluruh anggota Satlantas Polres Purbalingga.

Walaupun tergolong video amatir namun apabila benar cara pengambilannya, akan menunjukan suatu karya jurnalistik yang mampu dinikmati masyarakat. Disini pengambilan momen yang tepat akan mempengaruhi kelayakan suatu video maupun foto yang diambil.

“Bahkan pengambilan suatu momen kegiatan kepolisian yang positif dan menarik, mampu membuat foto maupun video menjadi viral di media sosial serta mendapat respon yang baik dari masyarakat,” ucap Catur.

Sementara itu Kasubbag Humas Polres Purbalingga AKP Diman mengatakan pelatihan yang diberikan dari Humas Polres Purbalingga dimaksudkan agar setiap personel Satlantas mampu untuk mengabadikan foto maupun video yang dapat digunakan sebagai pendukung suatu laporan kegiatan.

Selain hal tersebut untuk untuk mendukung managemen media dimana para anggota mampu menampilkan setiap momen dalam pelaksanaan tugas yang mampu menjadi suatu berita. Dimana berita tersebut mampu diketahui oleh masyarakat secara luas dan mendapat respon yang positif terhadap kegiatan anggota kepolisian dalam bertugas.

( Humas Polres Purbalingga )

Penulis & Publish : J. Purwantoro

Editor : Iqbal96

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password