Peran Bhabinkamtibmas pada Ungkap Kasus Pencurian Kendaraan di Tanggamus Lampung

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tanggamus, Dinamika pencurian dengan pemberatan (Curat) kendaraan bermotor yang terjadi diwilayah hukum Polres Tanggamus telah diantisipasi oleh jajaran kepolisian tetapi semua itu dibutuhkan dukungan dari semua elemen masyarakat.

Peran serta masyarakat baik melalui ronda malam dan himbauan yang dilakukan Bhabinkamtibmas di semua lini daerah jangkauannya hendaknya dapat dijadikan pegangan dalam menjaga situasi Kambtibmas yang kondusif.

Demikian juga kiat-kiat yang dilaksanakan oleh Kapolsek Sumberejo Polres Tanggamus, AKP Samsari, SH guna menekan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) diwilayah kecamatan Sumberejo melalui pendekatan dor to dor  dan pembinaan kesemua masyarakat binaannya untuk menjadi polisi bagi sendiri sehingga masyarakat tindak menjadi korban ataupun menjadi pelaku tindak kejahatan.

Sebagai contoh ada kejadian pencurian kendaraan sepeda motor di pekon Sidorejo kecamatan Sumberejo, Bhabinkamtibmas mengupayakan pencarian sampai akhirnya dapat ditemukan.

“Kebetulan Bhabinkamtibmas saya ini mantan Reskrim selain itu masyarakat juga selalu memberikan informasi sekecil apapun permasalahan yang ada di pekon kepada Bhabinkamtibmas yang melaksanakan tugas diwilayah tersebut termasuk kasus yang saya rilis hari ini, itu keberhasilan Bhabinkamtibmas pekon Siderjo kecamatan Sidorejo Bripka Jemi Carsen yang ikut bertanggung jawab dan merasakan kehilangan sepeda motor warganya sehingga berupaya untuk mencari dan menyebarkan informasi kehilangan itu kepada jaringan dia miliki” ujar Kapolsek Sumberejo AKP Samsari diruang kerjanya, Senin (6/3/17) siang.

Pengejaran barang bukti juga atas peran serta masyarakat di kecamatan Talang Padang yang aktif memberikan informasi kepada polisi, sehingga sepeda motor tersebut dapat disita dirumah para tersangka.

“atas nama pimpinan saya mengapresiasi keberhasilan Bhabinkamtibmas pekon Sidorejo, Bripka Jemi Carson yang telah mengungkap kasus pencurian di Polsek Sumberejo” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat Polres Tanggamus, AKP Joko Sarianto yang mengetahui keberhasilan Bhabinkamtibmas juga memberikan apresiasi dan berharap menjadi motivasi bagi Bhabinkamtibmas lainnya untuk bisa berbuat hal yang seperti Bhabinkamtibmas di Polsek Sumberejo.

“sebagai pembina fungsi Pembinaan Masyarakat (Binmas) saya merasa bangga atas keberhasilan Bripka Jemi Carsen Bhabinkamtibmas Pekon Siderejo Kecamatan Sumberejo Tanggamus yang dapat mengungkap pencurian dengan pemberatan (Curat) diwilayah binaannya, semoga itu dapat menjadi motivasi Bhabinkamtibmas lainnya” tandas AKP Joko Sarianto. (*)

(Penulis : N.Muslih Lpg – Editor : Iqbal96)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password