Polisi Lampung Peduli : Kapolres Lampung Selatan Fasilitasi Rembug Pekon Masalah Proyek Pembangunan JTTS

IMG_0048

Tribratanews.polri.go.id, Polres Lampung Selatan – Masalah proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) kembali muncul di Lampung Selatan. Kali ini terjadi sengketa tanah lintasan proyek jalan tol antara warga masyarakat Dusun Buring Desa Sukabaru, dan Dusun PKS Desa Penengahan Kecamatan Penengahan, dengan pihak Kementerian Kehutanan.

Terkait dengan sengketa itu, pada hari Senin (6/3/2017), Kapolres Lampung Selatan, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dr.Adi Ferdian Saputra memprakarsai dan memfasilitasi kegiatan Rembug Pekon, dengan menghadirkan semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan proyek pembangunan jalan tol,  dan perwakilan  warga yang bersengketa, bersama LSM GMBI sebagai Tim Pemberi Bantuan Hukum warga. Dengan rembug pekon ini diharapkan masalah tersebut dapat diselesaikan secara musyawarah, karena semua pihak yang berkompeten hadir dalam rembug pekon itu.

IMG_0045
Suasana rembug pekon permasalahan JTTS

Masalahnya adalah bahwa, tanah yang sudah jadi hunian dan lahan garapan warga sejak tahun 1978, ternyata masih masuk dalam daftar register hutan, tanpa disadari / dimengerti oleh warga yang menghuninya, dan sekarang terkena proyek. Meskipun tanah tersebut termasuk dalam register kawasan hutan, warga yang dikawal oleh LSM GMBI tetap menuntut ganti rugi yang memadai, dengan alasan ada Perpres yang mengatur tentang penggunaan tanah negara oleh masyarakat, baik kelompok maupun perorangan. Salah satu poin yang diangkat oleh GMBI adalah bahwa, apabila masyarakat menggunakan tanah negara dengan itikad baik, kemudian negara akan menggunakan tanah tersebut, maka masyarakat tersebut bisa mendapatkan ganti rugi lahan tersebut.

Sementara itu, dari para nara sumber yang berkompeten menjelaskan sesuai dengan batas tugas, tanggung jawab, dan kewenangan masing-masing, namun pada intinya, dalam pelaksanaan rembug pekon tersebut belum membuahkan hasil penyelesaian. Acara rembug pekon berlangsung kondusif. (*)

Penulis : Suripto  –  Editor : Iqbal96

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password