Jalur Munjungan-Trenggalek kembali Telan Korban, Sebuah Minibus Nahas ini Masuk Jurang

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Kekompakan dan sifat kegotongroyongan ternyata masih dipegang kuat oleh masyarakat Desa Ngulungkulon Kecamatan Munjungan Trenggalek. Betapa tidak, saat mengetahui ada sebuah minibus terperosok jurang, puluhan warga tanpa diminta mendatangi dan membantu mengevakuasi kendaraan tersebut.

Cerita  berawal ketika Eko Maryanto, seorang warga Desa Munjungan ini pagi-pagi buta sudah berangkat untuk mengajar sebagai guru di SDN Ngulungkulon menggunakan kendaraan jenis kijang LGX bernopol AG 1160 YE. Saat itu kondisi cuaca memang kurang bagus. Hujan disertai kabut tebal mengikuti sepanjang perjalanannya. Sementara, jalan tersebut adalah satu-satunya jalur terdekat menuju tempat ia bekerja dengan kondisi jalan yang bisa dibilang cukup ekstrim.

Sesampai di TKP masuk Desa Ngulungkulon, kabut tebal membuat jarak pandang semakin dekat, hingga tanpa disadari kendaraan yang ia tumpangi oleng dan terperosok dalam jurang sedalam 10 meter. Beruntung pengemudi masih selamat dalam kejadian tersebut.

Saat mendengar ada mobil yang terperosok, puluhan warga desa yang dikoordinir oleh Kanit Sabhara Polsek Munjungan Polres Trenggalek, Aiptu Sudarwani segera mendatangi lokasi kejadian. Karena keterbatasan sarana dan tidak mungkin memanggil mobil derek, Aiptu Sudarwani bersama warga berupaya menarik kendaraan tersebut menggunakan tambang. Teriakan aba-aba menggema diantara belantara pepohohan.

Siji, loro, teluuuu…. (satu, dua, tiga)”, teriak Aiptu Sudarwani yang disambut dengan tarikan tambang bersama-sama.

Sebuah kebersamaan, jiwa gotong-royong dan saling tolong menolong yang mungkin sangat jarang kita temukan lagi di era sekarang ini. Warga dengan penuh keikhlasan meninggalkan pekerjaan mereka hanya demi menolong orang yang bisa jadi bahkan tidak mereka kenal. Namun kepedulian warga sekitar menjadikan sebuah kekuatan baru ditengah gencarnya budaya asing yang mengedepankan sikap individualistik.

“Hidup di desa ya seperti ini mas, semua saling membantu. Tak pandang bulu. Selama kita bisa menolong ya wajib kita lakukan itu,” ujar Polisi yang juga anggota Polsek Munjungan Polres Trenggalek ini.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password