Kedudukan Polri sebagai Dinamisator, Stabilisator sekaligus Inspirator bagi Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Sebagai lembaga yang bersinggungan langsung dengan masyarakat, Polri harus mampu berperan sebagai dinamisator, stabilisator sekaligus inspirator bagi masyarakat. Artinya, setiap anggota Polri harus bisa menjadi inspirasi serta suri teladan bagi lingkungan sekitarnya. Satu pelanggaran kecil akan berimbas besar bagi organisasi. Oleh karenanya disiplin dan tertib yang sudah mengalir dalam tubuh Polri harus terus dipupuk dan dikembangkan sehingga kepercayaan publik pun semakin meningkat.

Mendasari hal tersebut, Sipropam Polres Trenggalek dibawah kepemimpinan Kasipropam yang baru yakni Iptu Kasmari, terus menggencarkan pola disiplin dan tertib bagi anggota Polres Trenggalek. Salah satunya adalah dengan melakukan razia dan pemeriksaan kelengkapan perorangan dan sikap tampang personel.

Sejak pukul 06.30 WIB, anggota Sipropam Polres Trenggalek sudah menyiapkan diri di depan pintu gerbang Polres Trenggalek. Setiap anggota yang masuk dihentikan terlebih dahulu untuk diperiksa kelengkapannya, Senin (06/03).

“Objek pemeriksaan antara lain surat-surat pribadi seperti KTP, KTA, SIM dan STNK. Harus lengkap semua”, ujar Iptu Kasmari.

Lebih lanjut, Iptu Kasmari menjelaskan, bagi anggota yang tidak membawa kelengkapan dengan alasan apapun akan diambil tindakan tegas seperti tilang dan catatan pelanggaran yang bisa berimbas pada jenjang karir yang bersangkutan.

“Sama seperti masyarakat lainnya, soal kendaraan ya kami tilang, bonusnya tindakan disiplin”, ucap Iptu Kasmari.

Iptu Kasmari menuturkan, bahwa langkah tersebut merupakan upaya internal Kepolisian untuk menjaga displin anggotanya. Dengan begitu, diharapkan bisa meminimalisir pelanggaran sehingga bisa menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat.

“Sebelum menertibkan orang lain, kedalam harus tertib terlebih dahulu”, pungkas Perwira yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolsek Kampak Polres Trenggalek ini.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password