Bencana Tanah Gerak di Trenggalek : Warga masih Bertahan di Lokasi Pengungsian, Bantuan terus Mengalir

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Puluhan warga yang terdampak bencana alam tanah gerak/amblas di Dusun Pakel Desa Prambon Kecamatan Tugu belum berani kembali ke rumah mereka. Sebanyak 55 KK masih menempati tenda pengungsian yang telah disediakan oleh BPBD dan Tagana Kabupaten Trenggalek. Berdasarkan hasil kajian Tim Geologi yang diturunkan Pemkab Trenggalek, belum bisa memastikan batas waktu aman bagi penduduk Desa Prambon yang terdampak bencana untuk diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing.

Kapolsek Tugu Polres Trenggalek, Iptu Bambang Purwanto, SH, MH menuturkan bahwa masa aman baru bisa dilihat setelah minimal 10 hari sejak bencana alam terjadi. Itupun harus berdasarkan kajian tim ahli yang ditunjuk oleh Pemkab Trenggalek.

“Demi keamanan masyarakat,  sementara masih menempati tenda pengungsian. Mohon bersabar dan ikuti arahan serta petunjuk dari Pemkab Trenggalek”, ujar Iptu Bambang.

Kondisi pengungsian yang ditempatkan di halaman Mushiola Al Hidayatulloh sendiri sangat layak sebagai tempat tinggal sementara. Terdapat dua tenda peleton yang dipasang di lokasi tersebut lengkap dengan velbed yang cukup nyaman untuk merebahkan badan. Sebagai hiburan, sebuah bioskop mini yang memutarkan film-film nasional disiapkan pula untuk menemani hari-hari para pengungsi. Tim Tagana dan BPBD di-standbykan di lokasi untuk mengurusi keperluan para pengungsi dan berjaga-jaga jika terjadi bencana alam susulan.

Sebagai bentuk kepedulian, kemarin malam Minggu (05/03) Polsek Tugu Polres Trenggalek bersama Bhayangkari Ranting Tugu membagikan nasi bungkus sebagai menu makam malam mereka. Selain Iptu Bambang bersama anggota, hadir pula Ketua Ranting Bhayangkari Tugu, Ny. Alfiah Bambang Purwanto beserta jajaran pengurus Bhayangkari. Tak kurang dari 185 nasi bungkus disiapkan bagi warga pengungsi.

“Kesusahan mereka kesusahan kita juga. Sedikit berbagi untuk mengurangi kesedihan warga. Semoga bermanfaat”, ujar Ny. Alfiah.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password