Peletakan Batu Pertama Pembangunan Patung Letjen Pol R Soemarto

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jateng, Pembangunan Patung Letjen Pol R Soemarto di depan Gedung Subarkah SPN Polda Jateng yang peletakan batu pertamanya oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Condro Kirono, M.M., M.Hum didampingi keluarga Letjen Pol R Soemarto adalah sebagai pemberian penghormatan dan untuk mengenang sejarah salah satu tokoh kepolisian yang berjasa dalam membangun dan membesarkan organisasi Kepolisian Negara Republik Indonesia khususnya di purwokerto, Senin (6/3/2017).

Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Dalam fakta sejarah, Kota Purwokerto memiliki sumbangsih yang cukup besar sejak dari awal berdirinya organisasi Polri hingga saat ini yang tidak boleh dilupakan oleh generasi penerus Polri maupun masyarakat indonesia.

Letjen Pol R Soemarto merupakan salah satu tokoh Kepolisian yang berasal dari Purwokerto. Yang pada saat itu beliau menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Negara (KKN) RI, dengan Kepala Kepolisian Negara RI dijabat oleh R.S Soekanto.

Pada saat kepemimpinanya jawatan kepolisian pusat yang bertempat di Jakarta dipindahkan di Purwokerto. Saat itu beliau berinisiatif agar pasukan polisi istimewa diubah namanya menjadi mobile brigade (brimob). Hal ini dilakukan dengan pertimbangan agar pasukan Brimob menjadi kesatuan yang berdisiplin tinggi, kompak , loyal , penuh dedikasi dan mampu bergerak secara cepat dan dinamis.

Semasa hidup, Letjen Pol R. Soemarto lahir di Sokaraja Banyumas, pada tanggal 3 Agustus 1901. Beliau Tahun 1927 menjabat sebagai Hoofdrachresceur van politie. Pada tahun 1928 menjabat sebagai adjun Comissaris van politie pada sekolah Polisi di Sukabumi dan Comissaris van politie di Jawa Tengah. Pada tahun 1943 menjabat sebagai Comissaris van politie 1 e kl. Pekalongan. Dan pada tahun 1946 sebagai wakil Kepala Kepolisian Negara RI

Almarhum Letjen Pol R Soemarto dimakamkan di desa Kalibagor dengan meninggalkan 2 putra dan 3 putri

Untuk memberikan penghormatan dan mengenang beliau Nama Beliau juga diabadikan sebagai nama jalan dikelurahan Purwanegara watumas Purwokerto utara dgn nama Jl.Raya R. Soemarto. Tepatnya disepanjang jalur jln depan SPN Polda Jateng.

Penulis : Arie Sukmadi

Editor : kang Iqbal ASIK

Publisher : Wagiman DTT/WAP

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password