“Ngopi Baper”, Program Inovasi Polisi Satu ini untuk Selamatkan Masa Depan Pelajar

598982a9-1d7f-42bc-8d9b-86fcff20942c

Polres Trenggalek – Ada saja cara yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polres Trenggalek satu ini untuk membimbing dan membentuk karakter pelajar yang disiplin dan religius. Sebelumnya, berita tentang Brigadir Dedi Mahendra sempat menjadi viral di media sosial karena aksinya menghukum baca surat yasin bagi pelajar yang melanggar lalu lintas.

(Baca juga : Gara-Gara Tak Pakai Helm Pelajar Pun Dihukum Baca Surat Yasin)

Kali ini ia menggugah kreatifitas melalui acara Ngopi Baper (Ngobrolin Polisi Bareng Pelajar). Memanfaatkan sebuah warung yang dikenal dengan sebutan WTS atau Warung Tengah Sawah di desa Surenlor Kecamatan bendungan Trenggalek, Brigadir Dedi mengumpulkan beberapa pelajar dan pramuka di SMP Negeri 1 Bendungan untuk berdiskusi tentang kenakalan remaja dan solusinya.

“Usia mereka masih sangat rentan terpengaruh hal-hal negatif, harus kita bimbing kearah yang benar”, ujar Polisi muda yang sehari-hari berdinas di Polsek Bendungan Polres Trenggalek ini.

Dalam diskusi non formal tersebut sengaja dikemas santai dan penuh canda agar pelajar tak segan ataupun sungkan mengutarakan pendapat dan pandangannya tentang remaja. Keseruan lainnya yakni ngobrol sambil menikmati menu andalan WTS yakni bakso spesial ditemani es teh manis ditambah udara sejak dan hijaunya tanaman padi yang mengelilingi WTS.

“Energi anak-anak harus dilampiaskan pada hal-hal positif tentu dengan bimbingan kita semua agar terhindar dari kenakalan remaja”, jelas Brigadir Dedi yang menyabet gelar Dai Kamtibmas terbaik se-Jawa Timur itu.

Lebih lanjut, Brigadir Dedi menerangkan bahwa kegiatan Ngopi Baper ini merupakan penjabaran dari Program Kapolres Trenggalek yang bertajuk Ngopim@s yang merupakan kependekan dari Ngobrolin Polisi dan Kamtibmas.

“Karena subjeknya pelajar, saya rubah menjadi Ngopi Baper”, ungkap Brigadir Dedi sambil tersenyum.

Kedepan, Ngopi Baper akan dikembangkan ke sekolah-sekolah lain dengan konsep kegiatan yang berbeda dan bervariatif.

“Kalau bukan kita yang peduli, siapa lagi”, pungkas Polisi yang juga pernah berdinas di Bagiansumberdaya Polres Trenggalek ini.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password