Polda DIY Lakukan Pendampingan Terhadap Pelaku dan Korban Tawuran Pelajar

tribratanews.polri.go.id – JOGJA – Beberapa kejadian kenakalan remaja yang menjurus kriminal di Yogyakarta beberapa waktu lalu mendorong Polda DIY untuk melakukan pengkajian lebih dalam. Dari kejadian tawuran di Bantul yang melibatkan dua SMA Swasta di Kota Yogya, tawuran di Pakem yang melibatkan dua sekolah negeri, sampai peristiwa pembacokan di Kotagede.

Karo SDM Polda DIY berinisiatif untuk melakukan kajian lebih dalam. Karo SDM Kombes Pol H. Nazirwan Adji Wibowo, S.IK., M.Si. memerintahkan Bag Psikologi untuk melakukan pendampingan psikologi terhadap korban dan perilaku.

Penelitian dan Pendampingan psikologi kepada pelaku dan korban menjadi penting. Bisa diketahui lebih dalam, faktor – faktor apa saja yang menyebabkan mereka terdorong untuk berbuat demikian. Hal tersebut perlu penanganan yang tuntas dan komperhensif dari semua pihak. Biro SDM Polda DIY memiliki tanggung jawab moril untuk turut serta menuntaskan persoalan tersebut.

Karo SDM Polda DIY menegaskan perlu adanya upaya komperhensif dan berkesinambungan dari berbagai pihak untuk mengatasi dan menuntaskan masalah ini.

“Persoalan ini adalah masalah klasik yang sudah sering terjadi, polisi biasanya hanya bertindak sebagai pemadam kebakaran saja namun ketika bara apinya belum bisa dipadamkan maka akan muncul masalah lagi,“ jelas Kombes Pol Nazirwan Adji.

“Sabtu (4/3) kemarin kami menerjunkan satu tim yang dipimpin AKP Muhtar untuk melakukan pendampingan kasus yang terakhir yaitu pembacokan oleh siswa SMK di tahanan Polsek Kotagede,” ungkap Kabag Psikologi Biro SDM AKBP Sulistiyono.

Pendampingan dilakukan agar tersangka dan korban dapat optimal kembali fungsi – fungsi psikologisnya mengingat mereka rata- rata masih di bawah umur.

“Selain itu, bisa mengetahui akar permasalahan guna penyelesaian masalah kenakalan remaja ini.” tutup AKBP Sulistiyono, S.Pd.

Ke depan, hasil dari penelitian dan pendampingan ini akan digunakan untuk bahan pertimbangan mengenai tindakan – tindakan pencegahan kriminalitas khususnya remaja.

penulis: Gentur – MF

editor: Iqbal96

publish: jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password