Tak Hanya Ramah, tapi juga Sangat Peduli pada Kelestarian Ekosistem Pesisir

6133a9ba-89cd-45c6-a95e-1742d45420b5

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Konsistensi Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Trenggalek satu ini dalam hal konservasi hutan mangrove tak perlu diragukan lagi. Selain ikut terlibat aktif dalam paguyuban Pokmaswas Kejung Samudro, ia juga kerap membantu sosialisasi pelestarian alam kepada pengunjung ekowisata mangrove di Pantai Cengkrong Watulimo.

Ya, siapa lagi kalau bukan Brigadir Pravilalan Gema R, anggota Polsek Watulimo Polres Trenggalek yang merangkap sebagai Bhabinkamtibmas Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo. Polisi bertubuh subur ini hampir setiap hari selalu berada di seputaran area wisata Pantai Cengkrong. Selain memantau keamanan desa binaannya juga berperan sebagai pemandu bagi pengunjung dan wisatawan.

Seperti yang terlihat pagi ini. Dengan seragam lengkap Brigadir Gema terpantau mendampingi 150 orang anggota komunitas pecinta honda kalong yang melakukan aksi sosial di area wisata tersebut. Dengan ramah dan telaten, Brigadir Gema menjelaskan proses pembibitan hingga penanaman pohon mangrove. Tak ketinggalan ia suguhkan pula sirup mangrove hasil kreasi Pokmaswas sebagai suguhan dan oleh-oleh.

“Agar pengunjung juga memiliki kecintaan terhadap alam sekitar. Sadar dan memahami bahwa hutan mangrove ini tidak ujug-ujug ada, tapi melalui proses yang panjang. Dan itu berangkat dari kecintaan kami terhadap alam”, jelas Brigadir Gema.

Diakhir acara, Brigadir Gema mengajak pengunjung bersama-sama menanam mangrove sebagai simbul kepedulian terhadap lingkungan dan keberlangsungan hutan mangrove.

“Jadi ketika mereka pulang, tidak hanya fresh tapi juga membawa wawasan baru”, pungkas Brigadir Gema.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password