Kapolres Tanjabbar Cek Kemampuan Personel Bhabinkamtibmas Berbicara

0tribratanewsjambi1Tribratanews.polri.go.id – KUALA TUNGKAL – Guna meningkatkan kemampuan individu dan melihat kemajuan personel Bhabinkamtibmas, Kapolres Tanjab Barat AKBP Agus Sumartono SIK SH MH mengetes satu persatu personel Bhabinkamtibmasnya bagaimana cara berbicara didepan masyarakat saat memberikan himbauan Kamtibmas Sholat Jumat Keliling, acara di masyarakat, sosialisasi di sekolah dan Sambang.

Kapolres didampingi oleh Kasat Binmas IPTU JULIUS SITEPU kepada Para Bhabinkamtibmas Polres Tanjab Barat hari Sabtu (04/03) pukul 10.30 wib di Saung Mapolres Tanjab Barat dalam kegiatan rutin bulanan itu.

Sebagai kata pembuka Kapolres   memberikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan agar dipertahankan dan ditingkatkan sesuai dengan kondisi saat ini.

” Secara pribadi saya berterimakasih kepada rekan rekan para Bhabinkamtibmas, sudah iklas menjalankan tugas, laporan dari masyarakat cukup bagus, pertahsnkan dan tingkatkan” Tutur Kapolres.

Saat ini hujan cukup tinggi,  diharapkan agar para Bhabinkamtibmss tanggap dalam penanganan bencana banjir di lingkungan tugasnya.

Koordinasi dengan kepala desa, perusahaan, Bhabinsa, para Tomas untuk mendatakan daerah yang rawan banjir. Buat inovasi kesiapan peralatan sederhana bila sewaktu waktu terjadi bencana seperti pemanfaatan ban bekas untuk pertolongan,perahu getek dan sebagainya.

Apabila terjadi banjir, hal pertama yang dilakukan adalah pertolongan dan penyelamatan korban. Utamakan anak anak dan usia lanjut untuk ditolong, setelah itu dewasa.

Setelah itu lakukan lokalisir di lingkungan tersebut agar masyarakat lain tidak terjebak banjir, mengamankan harta benda, ternak dan arus lalin.

0tribratanews7845” Perlunya tindakan ini agar masyarakat lain mengetahui, sosialisasikan lewat pengeras suara, kentongan, himbauan dan sebagainya” ungkap Kapolres.

Kemudian evakuasi barang barang yang bisa diselamatkan, korban yang masih terjebak dalam rumah, pakaian, makanan dan sebagainya.
Dalam penempatan sementara korban bisa di daerah ketinggian, kantor pemerintah, masjid ataupun rumah warga yang cukup air dan fasilitas pengungsi.

Tak kalah pentingnya para Bhabinkamtibmas melakukan  koordinasi satuan atas agar mendapat bantuan baik makanan, pakaian , peralatan dan sebagainya.

Hal kedua Kapolres,  menyampaikan agar para Bhabinkamtibmas  mendeteksi dini serta menyelesaikan Konflik yang terjadi diwilayah binaannya.  Konflik tidak serta merta muncul, namun diawali dari antar pribadi, pribadi dengan kelompok, kelompok dengan kelompok yang bila tidak segera diselesaikan dari awal akan berkembang menjadi besar. Potensi konflik inilah yang perlu penyelesaian.
Pola penyelesaian konflik dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti ; musyawarah, penggalangan dan pendekatan, penyelesaian jalur formal dan penuntasan yangvtidak berdampak.

” Saya berharap, saudara sebagai mata telinga pimpinan, wajib tahu akan situasi daerah masing masing dan segera melapor ke Kapolsek ataupun Kasat Binmas ” tutur Kapolres.

Kemudian, untuk melihat perkembangan kemampuan personel, Kapolres secara langsung mengecek para Bhabinkamtibmas. Terutama saat beri himbauan sebelum khutbah Jumat saat Jumatan keliling.

Dari 50 Bhabinkamtibmas, ada 12  orang yang masih canggung ketika berdakwa di masjid.

” Saya masih kurang pede pak ketika beri khutbah di Masjid, jemaahnya banyak tokoh pak” ungkap Salah satu Bhabinkamtibmas

Satu persatu yang belum berani disuruh tampil ke depan untuk latihan khutbah,  dengan memberi contoh khutbah lebih dulu oleh Bhabinkamtibmas yang berpengalaman seperti Aipda Yolan, Aipda Edi Suharto dan Aiptu. Sismantoro.

Ada beberapa hal penting yang dipersiapkan sebelum tampil ke publik antara lain persiapkan penampilan perseorangan. ” Anda harus rapi, pakaian yang pantas, bawa kopyah yang pas”ungkap Agus.

Kemudian, kuasai materi yang akan disampaikan. Latihan perlu, lebih baik diulang ulang sampai hafal. Juga ketika sedang di panggung, agar tenang dan jangan terburu buru dalam membacakan atau menginformasikan himbauan Kamtibmas.

Kapolres memperagakan bagaimana cara bicara, menyampaikan himbauan dan menguasai panggung ketika tampil didepan umum.

” Kebiasaan harus sering dilatih, tidak langsung jadi, saya yakin saudara pasti bisa” ungkap Kapolres.

Penulis : Arief N yusuf / Lilik Adhi

Editor : Iqbal 96

Publish : Lilik Adhi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password