Berita Hoax Penculikan Di Brebes, Masyarakat Diminta Tidak Parno Menanggapinya


IMG-20170303-WA0475

Tribratanews.polri.go.id Brebes – Berita bohong atau hoax yang beredar di media sosial (medsos)mengancam nasib para orang gila di jalan-jalan yang berada di wilayah Pantai Utara (Pantura) . Terutama mereka yang berada di sepanjang Pantura Barat mulai dari Cirebon (Jawa Barat), Brebes, Tegal, Slawi hingga Pemalang (Jawa Tengah).

Hal itu menyusul informasi hoax dan meresahkan yang heboh di medsos seperti Facebook dan Twitter menuduh mereka melakukan penculikan anak dengan modus berpura-pura gila. Kabar itu menyebar liar dan semakin tak terbendung. Padahal pihak kepolisan hingga kini belum menerima laporan resmi adanya kasus penculikan anak oleh orang atau gelandangan yang berpura-pura gila dimaksud.

Kapolres Brebes AKBP Lutfie Sulistiawan melalui Kasubbag Humas AKP Maryono menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu dibesar-besarkan mengenai kabar penculikan. ” Sampai saat ini kami belum menerima laporan ataupun data adanya korban penculikan maupun traficking, jadi masyarakat jangan percaya isu yang beredar soal penculikan,” jelas Maryono
Berdasarkan pantauan Polres Brebes setidaknya hingga Sabtu malam (4/3) sedikitnya 10 orang gelandangan gila ataupun tuna wisma menjadi tertuduh karena jadi korban hoax. Kini nyawa mereka terancam karena buntut aksi anarkis atau main hakim sendiri. “satu lagi ini seorang wanita kita amankan dari kelurahan Pasarbatang Brebes karena diduga oleh masyarakat sebagai pelaku penculikan, namun setelah dilakukan pemeriksaan terhadap wanita diduga merupakan tuna wisma,” ujar Maryono.
Pada kesempatan sebelumnya Kapolres Brebes AKBP Lutfie Sulistiawan juga telah melakukan klarifikasi  disela Apel Gelar pasukan dalam rangka Ops Simpatik Candi 2017 di halaman Polres Brebes bahwa berita tentang penculikan yang beredar di media sosial itu tidak benar alias Hoax. Pihaknya juga meminta kepada awak media untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat secara objektif dan dari sumber yang bisa dipertanggungjawabkan. (Hms Res Brebes)

Admin Polri56290 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password