Mbah Suminem dan Keunikan Ritual Jawa agar Ayam Peliharaannya Betah di Rumah

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Ada yang unik saat Kapolsek Dongko Polres Trenggalek, AKP Tri Basuki bersama anggotanya, Bripka Agung Wahyuliono menyambangi rumah Mbah Suminem atau Mbah Kunthing, warga Desa Pringapus Kecamatan Dongko. Kedatangan AKP Tri Basuki bermaksud untuk memberikan bantuan sembako dan satu induk ayam lengkap dengan pakannya.

Saat bertandang di kediamannya, Mbah Suminem sedang menumbuk singkong kering yang akan dimasak menjadi nasi tiwul. Maklum saja, kondisi Mbah Suminem memang cukup memprihatinkan. Ia adalah seorang janda yang memiliki 4 orang anak. Seorang diantaranya bekerja di Kalimantan dan tidak pernah pulang. Seorang lagi ikut saudaranya di desa tetangga sehingga Mbah Suminem tinggal bersama 2 orang anaknya.

Keseharian Mbah Suminem bekerja mencari pohon pisang sebagai bungkus tempe, itu pun belum tentu dapat. Selain itu untuk mencukupi kebutuhannya, ia juga bekerja sebagai buruh tani jika ada tetangga yang sedang panen ketela.

Opahe nggih kaspe meniko (upahnya ya ketela ini)”, ujar Mbah Suminem.

Ketela itulah yang kemudian dijemur dan menjadi makanannya sehari-hari jika tak memiliki beras.

Nah, saat AKP Tri Basuki menyerahkan sembako dan ayam betina itulah, Mbah Suminem seketika langsung berputar mengelilingi soko (tiang penyangga, red) rumah sambil memegang ayam betina tersebut. Menurutnya, itu adalah adat dari kakek neneknya dulu.

Kersane mboten ical (agar tidak hilang)”, ucapnya sembari tersenyum.

Kebahagiaan terpancar dari raut muka Mbah Suminem. Saking senangnya menerima bantuan tersebut ia sampai mengucapkan terima kasih berkali-kali kepada AKP Tri Basuki. Melihat hal itu, AKP Tri Basuki pun tak kuasa menahan air mata.

Niki sedoyo kagem njenengan mbah, mugi saget bantu panjenengan, niku jahe kagem ngobati ayame menawi sakit  (ini semua untuk anda nek, semoga bisa membantu anda. Itu jahenya untuk mengobati ayam kalau sakit)”, ujar Kapolsek yang pernah menjabat sebagai Kanitprovost Polres Trenggalek itu.

Kepedulian yang ditunjukkan oleh Polsek Dongko Polres Trenggalek tersebut merupakan implementasi dari program Polisi Peduli Sesama yang dicanangkan Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si guna menumbuhkan kepekaan dan rasa peduli anggota Polri terhadap sesama manusia dan lingkungan sekitarnya.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password