Gelar Razia, Polres HSS Ungkap STNK Palsu dan DPO Pencuri Sarang Walet

tribratanews.polri.go.id , Polres HSS – Dibawah Pimpinan Kabag Ops Polres HSS  Kompol Heri Munanto giat razia kendaraan bermotor  di Mapolres HSS pada Jumat (3/3) pukul 21.00 Membuahkan hasil memuaskan. Kegiatan yang melibatkan 38 personel gabungan ini berhasil menjaring pemalsu surat kendaraan dan DPO kasus Pencurian sarang burung walet.

Kegiatan  ini dinilai cukup efektif,  terbukti dengan ditangkapnya SF (46)  warga asal landasan ulin Kota Banjarbaru. SF diduga kuat memalsukan identitas mobil avansa warna hitam metalic  yang dia kendarai.  Kejadian ini berawal saat dilakukannya pemeriksaan surat-surat kendaraan terhadap SF.  Saat diminta menunjukkan STNK, SF menunjukkan gelagat yang aneh dan benar saja ternyata data pada STNK miliknya tidak sesuai dengan spesifikasi mobilnya.

Pelaku SF mengaku memalsukan STNK miliknya dengan cara menghapus  data yang ada di STNK kemudian mengetiknya kembali dengan data yang palsu, mengetahui pelanggaran tersebut, petugas langsung menyerahkan pelaku SF ke penyidik untuk dilakukan pemeriksaan secara intensif.

bb palsu
barang bukti STNK Palsu dan Mobil pelaku

Tidak berselang lama, petugas dilapangan berhasil mengamankan 2 orang DPO spesialis pencurian sarang burung walet di yang pernah terjadi di desa Gambah Dalam pada bulan maret 2016 silam. terungkapnya kasus ini berawal saat Pelaku yang mengendarai mobil avansa bersama 4 temannya yang berencana akan pergi ke Banjarmasin. Pada saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas kedua pelaku ini sangat gelisah.  Personel Jatanras Polres  HSS yang curiga kemudian mendatangi mobil yang ditumpangi pelaku dan benar saja, kedua pelaku tersebut adalah YS (41)  dan RS (37) DPO kasus pencurian sarang burung walet tahun 2016 silam.

Pengungkapan kasus ini berhasil terungkap atas kejelian personel jatanras Polres HSS yang mengenali dua wajah DPO tersebut. Kabag Ops Kompol Heri Munanto membenarkan ungkap kasus ini “Kegiatan rutin ini dilaksanakan guna menekan angka pelanggaran  lalu lintas dan meminimalisir tindak pidana, terbukti ada 2 perkara yang berhasil diungkap atas kegiatan razia ini” ungkapnya.

 

Penulis : Johan

Editor   : Kang Iqbal

Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password